Hasil Olimpiade: Elina Svitolina Persembahkan Medali Perunggu Bagi Ukraina

Penulis: Dian Megane
Sabtu 31 Jul 2021, 21:00 WIB
Elina Svitolina sabet medali perunggu Olimpiade Tokyo

Elina Svitolina luapkan kegembiraan usai pastikan diri memenangkan medali perunggu Olimpiade Tokyo

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Ukraina, Elina Svitolina berhasil memenangkan medali perunggu nomor tunggal putri di Olimpiade Tokyo.

Petenis peringkat 6 dunia harus berjuang habis-habisan setelah kecolongan set pertama dan tertinggal 1-4 di set penentu sebelum menumbangkan petenis berkebangsaan Kazakhstan, Elena Rybakina dengan 1-6, 7-6, 6-4, sehingga petenis peringkat 6 dunia mempersembahkan medali Olimpiade pertama bagi Ukraina dari cabang olahraga tenis.

Berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi untuk kali kedua, kegigihan dan tekad bulat petenis unggulan keempat menjadi salah satu faktor yang mengantarkannya memenangkan medali perunggu. Empat dari enam pertandingan yang ia lakoni di Tokyo kali ini harus melalui set penentu dan ia menghabiskan lebih dari 13 jam di atas lapangan. Ia mengalahkan Laura Siegemund, Ajla Tomljanovic, Maria Sakkari, dan Laura Siegemund sebelum kalah dari Marketa Vondrousova di semifinal.

Bertanding melawan petenis unggulan ke-15, Rybakina yang melalui Olimpiade kali ini tanpa kehilangan satu set pun sebelum semifinal, petenis berkebangsaan Ukraina membutuhkan waktu 2 jam 24 menit, pertandingan terpanjang ketiga yang ia lakoni di Tokyo kali ini.

Pada pertemuan pertama kedua petenis di hard-court, permainan penuh kekuatan Rybakina dari area baseline tampil meyakinkan dari awal. Di set pertama, petenis unggulan keempat, Svitolina hanya berhasil memenangkan lima poin dari tiga service gamenya. Setelah menahan petenis unggulan keempat selama 10 menit demi keunggulan 2-1, petenis berkebangsaan Kazakhstan tidak terbendung untuk memenangkan set pertama dalam waktu 28 menit saja.

Setelah sempat tertinggal dengan peluang break di set kedua, Svitolina bermain ekstra keras dengan meningkatkan intensitas dan serangan demi memaksakan babak tiebreak. Titik balik terjadi pada kedudukan 5/5 ketika Rybakina berpeluang untuk mendapatkan match point dengan menembakkan forehand volley di area net. Tetapi pengembalian forehand tersebut terlalu melebar sehingga memberi peluang set point kepada petenis unggulan keempat, yang diikuti dengan kesalahan forehand lain sehingga set kedua pun menjadi milik petenis berkebangsaan Ukraina.

Memasuki set penentu, Rybakina membukanya dengan menyambar keunggulan 2-0. Tetapi petenis peringkat 6 dunia menolak untuk menyerah. Juara WTA Finals musim 2019 memperlihatkan permainan ciri khas dengan terus menekan petenis unggulan ke-15 hingga kedudukan menunjukkan 3-4.

Dengan peluang menorehkan sejarah demi Ukraina di Olimpiade, Svitolina akhirnya mengkonversi peluang match point ketujuh di game terakhir untuk menyegel salah satu kemenangan terbesar dalam kariernya, yakni medali perunggu yang kini ia sandingkan dengan 15 gelar yang telah ia kantongi, termasuk gelar turnamen akhir musim, WTA Finals musim 2019.

Artikel Tag: Tenis, olimpiade tokyo, Elina svitolina, Elena Rybakina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-olimpiade-elina-svitolina-persembahkan-medali-perunggu-bagi-ukraina
541  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini