Hasil French Open: Tampil Dominan, Rafael Nadal Kantongi Gelar French Open Ke-10

Penulis: Dian Megane
Senin 12 Jun 2017, 04:45 WIB
Hasil French Open: Tampil Dominan, Rafael Nadal Kantongi Gelar French Open Ke-10

Rafael Nadal memegang erat gelar French Open ke-10 yang dimenangkannya

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Hasil French Open: Dengan sejarah yang mungkin masih tercipta, Rafael Nadal tunjukkan performa terbaiknya di final French Open hari Minggu (11/06) waktu setempat dan menaklukkan Stan Wawrinka untuk mengantongi gelar ke-10 di Roland Garros dengan hasil meyakinkan 6-2, 6-3, 6-1.

La Decima membuat Nadal mencatatkan sejarah di dunia tenis. Ia menjadi petenis pertama di Open Era yang memenangkan 10 gelar Grand Slam yang sama. Margaret Court mencatatkan 11 gelar Australian Open (1960 – 1966, 1969 – 1971, 1973. Dikenal sebagai Australian Championships sebelum tahun 1969) dan Martina Navratilova mengoleksi 9 gelar Wimbledon (1978 – 1979, 1982 – 1987, 1990).

The impressive Spaniard looked emotional as he became the first man ever to win a Grand Slam on 10 different occasions

Nadal pun menduduki posisi kedua dalam daftar petenis dengan koleksi gelar Grand Slam terbanyak dengan 15 gelar dan terpaut tiga gelar dari musuh bebuyutannya, Roger Federer.

Hal yang juga paling memukau adalah, Nadal memenangkan gelar Grand Slam kali ini tanpa kehilangan satu set untuk kali ketiga dalam kariernya, yakni tahun 2008 dan 2010.

“Semua hal yang terjadi pada saya di sepanjang turnamen kali ini benar-benar ajaib. Saya sangat senang dengan semuanya. Hari ini (11/06) adalah hari yang sangat penting bagi saya. Saya mengalami beberapa momen yang menyulitkan, cedera, jadi sungguh luar biasa bisa mendapatkan kesuksesan besar seperti ini lagi,” seru Nadal.

Nadal akan menduduki peringkat 2 dunia untuk kali pertama sejak Oktober 2014. Ia menerima 2000 poin dan hadiah uang sebesar 2.100.000 Euro.

Nadal did not drop a set on his way to the final, and in the showpiece Wawrinka didn't come any closer to achieving that feat

Gelar turnamen clay-court ke-53 Nadal ini membayar semua hal yang dilalui Nadal 12 bulan lalu. Satu tahun lalu, Nadal meninggalkan Roland Garros dengan kekecewaan setelah harus mundur dari pertandingan babak ketiga melawan rekan senegaranya, Marcel Granollers akibat cedera pergelangan tangan kiri. Nadal pun sempat rehat selama beberapa waktu di musim 2016 demi memberinya waktu untuk memulihkan diri.

Dan ternyata, strategi tersebut berhasil. Musim ini Nadal telah melakoni tujuh final, yang diawali dengan Australian Open, Mexican Open, dan Miami Open. Nadal kalah dari Federer di dua dari tiga final tersebut, tetapi di lapangan merah Eropa, Nadal tampil hampir sempurna.

Nadal memenangkan 24 dari 25 pertandingan yang ia lakoni di clay-court, memenangkan gelar ke-10 di Monte Carlo dan Barcelon. Nadal juga merayakan gelar kelimanya di Madrid.

Nadal hanya kalah satu kali di clay-court Roma dari Dominic Thiem, yang ia balas di semifinal French Open musim ini. Saat ini Nadal mencatatkan 43-6 dan mengukuhkan dominasinya di Roland Garros dengan catatan 79-2.

Ten-time Roland Garros champion Nadal tosses the ball up for a serve during his impressive straight-sets win on Sunday

Sementara Wawrinka melakoni final di Roland Garros keduanya setelah menaklukkan Andy Murray dengan lima set. Wawrinka juga pernah mengalahkan Nadal di final Australian Open 2014. Namun, kali ini Wawrinka tidak memiliki jawaban atas permainan Nadal. Nadal sama sekali tidak membiarkan Wawrinka berkembang, membuatnya berada di belakang area baseline, dan tidak membiarkannya mendapatkan momentum apapun.

Wawrinka appeared frustrated throughout the match, at one point slamming his racket onto the clay before breaking it

“Ia memainkan permainan terbaiknya, itu yang pasti. Tetapi tidak hanya di sini. Saya pikir sejak awal musim ini, anda bisa lihat ia bermain dengan lebih agresif dan lebih dekat dengan garis. Itulah mengapa ia bisa menang lagi,” tutur Wawrinka.

Wawrinka menerima 1200 poin yang membuatnya akan menempati peringkat 3 dunia dan hadiah uang sebesar 1.060.000 Euro.

 

Artikel Tag: Tenis, French Open, australian open, wimbledon, Rafael Nadal, Stan Wawrinka, Andy Murray, Dominic Thiem, Roge Federer

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-french-open-tampil-dominan-rafael-nadal-kantongi-gelar-french-open-ke-10
859  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini