Hasil French Open: Rafael Nadal Rayakan Ulang Tahun Dengan Kemenangan Ini

Penulis: Dian Megane
Jumat 04 Jun 2021, 07:46 WIB
Rafael Nadal kembali ke babak ketiga French Open 2021

Rafael Nadal semakin mendominasi head to head melawan Richard Gasquet dengan 17-0

Berita Tenis: Rafael Nadal belum pernah melakoni pertandingan sesi malam dalam perjalanannya untuk memenangkan 13 gelar French Open.

Namun, petenis peringkat 3 dunia tidak kehilangan iramanya ketika bertanding dengan diterangi lampu pada hari Kamis (3/5) waktu setempat.

Juara bertahan merayakan hari jadi ke-35 di Lapangan Philippe Chatrier dengan kemenangan 6-0, 7-5, 6-2 atas petenis tuan rumah, Richard Gasquet di babak kedua.

Berkat kemenangan tersebut, petenis unggulan ketiga semakin mendominasi head to head melawan Gasquet dengan 17-0, salah satu rivalitas paling berat sebelah dalam sejarah di Open Era. Terakhir kali petenis tuan rumah merebut satu set dari petenis unggulan ketiga terjadi pada musim 2008 di Rogers Cup, Toronto. Sejak saat itu, petenis unggulan ketiga mengklaim 31 set secara beruntun melawan petenis tuan rumah.

“Saya menghormatinya karena saya tahu seberapa handal Richard,” ungkap Nadal. “Saya tahu ia kembali bermain setelah melalui masa yang berat. Saya pikir ia bermain dengan cerdas dan agresif.”

“Saya memasuki lapangan dengan rasa hormat tertinggi, daya fokus tertinggi yang memungkinkan, dan itu hal yang berusaha saya lakukan setiap harinya melawan setiap petenis mana pun.”

Juara French Open dalam empat musim terakhir hampir tidak tersentuh di sepanjang set pertama, termasuk memenangkan 100 persen poin dari servis pertamanya. Gasquet yang berdiri di belakang area baseline untuk mengembalikan bola, tidak mampu mengimbangi juara bertahan yang mendominasi poin-poin dengan forehand topspinnya yang penuh tenaga.

“Saya pikir saya melakoni set pertama yang luar biasa, salah satu terbaik di musim clay-court, menurut opini saya. Tidak ada kesalahan dan intensitas tinggi,” lanjut Nadal.

“Di set kedua, masih cukup baik. Lalu, tentu Richard adalah petenis yang hebat. Ia menampilkan beberapa servis apik di game selanjutnya, dan pertandingannya menjadi cukup sengit.”

Gasquet menyesuaikan strateginya dan menaikkan level permainan demi menantang petenis peringkat 3 dunia di set kedua. Ia mulai mengejar dari kedudukan 1-4 dan menemukan ritme permainan seiring dengan berjalannya pertandingan. Ia memasuki lapangan dan berdiri lebih dekat dengan area baseline serta memberi tekanan kepada juara bertahan hingga mendapatkan peluang break pertama pada kedudukan 3-5.

Meski begitu, petenis unggulan ketiga tetap tenang dan terus menyerang backhand satu tangan dengan forehandnya sebelum mengkonversi set point kedua.

 Di set ketiga, petenis berkebangsaan Spanyol semakin mengukuhkan dominasinya, tidak lagi menghadapi break point, dan menyambar empat game terakhir secara beruntun demi mengklaim kemenangan setelah 2 jam 16 menit.

Menantikan Nadal di babak ketiga French Open adalah Cameron Norrie. Petenis berkebangsaan Inggris, Norrie mengalahkan Lloyd Harris dengan 4-6, 6-3, 6-3, 6-2. Petenis unggulan ketiga sampai saat ini unggul 2-0 atas Norrie, dengan dua kemenangan tersebut ia raih pada musim ini, termasuk dalam perjalanan memenangkan gelar di Barcelona.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Rafael Nadal, Richard Gasquet, Cameron Norrie

667  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini