Hasil French Open: Iga Swiatek Sukses Pertahankan Gelar Di Roland Garros

Penulis: Dian Megane
Minggu 11 Jun 2023, 00:01 WIB
Hasil French Open: Iga Swiatek Pulang Dari Paris Dengan Kantongi Gelar Ketiga

Iga Swiatek berpose dengan gelar French Open ketiga dalam kariernya

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Iga Swiatek memasuki French Open dengan sebuah gelar dan peringkat 1 dunia yang harus ia pertahankan. Hari Sabtu (10/6) waktu setempat, ia meninggalkan Paris dengan mempertahankan keduanya.

Kemenangan tampak ada di depan mata ketika petenis unggulan pertama menyambar sembilan dari 11 game pertama melawan petenis non unggulan, Karolina Muchova di final French Open musim 2023, sebelum sang lawan bangkit dengan luar biasa demi memaksakan set ketiga.

Pertandingan tersebut merupakan pertandingan yang menegangkan, menampilkan sejumlan break, dan berakhir dalam waktu 3 jam, sehingga mustahil untuk mengetahui siapa yang akan menang.

Namun pada akhirnya, setelah petenis berkebangsaan Ceko, Muchova melakukan pelanggaran ganda pada peluang match point, petenis peringkat 1 dunia berhasil mengklaim kemenangan 6-2, 5-7, 6-4. Berkat kemenangan tersebut, petenis berkebangsaan Polandia berhasil mempertahankan gelar French Open dan ia memenangkan gelar Grand Slam tersebut untuk kali ketiga dalam empat musim terakhir. Ia pun kini berhasil mengantongi empat gelar Grand Slam.

“Maaf karena telah begitu…,” ungkap Swiatek dalam upacara penyerahan trofi. “Saya akan berusaha melakukannya dengan lebih baik. Saya merasa benar-benar gembira bahwa kami bisa merasa lega saat ini dan merayakannya. Saya sangat senang berada di sini. Pada dasarnya, ini adalah tempat favorit saya di turnamen.”

Petenis berkebangsaan Polandia baru saja menginjak usia 22 tahun sepuluh hari lalu, tetapi namanya telah diasosiasikan dengan sejumlah nama hebat. Ia bergabung dengan Monica Seles dan Naomi Osaka sebagai satu-satunya petenis putri di Open Era yang memenangkan keempat final Grand Slam pertama sekaligus menjadi petenis putri termuda sejak Seles yang memenangkan gelar secara beruntun di French Open. Ia juga menjadi petenis putri termuda yang memenangkan gelar Grand Slam keempat sejak Serena Williams memenangkan US Open musim 2002.

Tiga gelar French Open yang petenis berkebangsaan Polandia telah kantongi sama dengan pencapaian yang ditorehkan Margaret Court, Arantxa Sanchez Vicario, Seles, dan Williams. Hanya Chris Evert, Steffi Graf, dan Justine Henin yang memenangkan gelar di Roland Garros lebih dari itu.

Berkat kemenangan tersebut, juara US Open musim 2022 akan tetap bertengger di peringkat 1 dunia. Ia kini mencatatkan 28-2 di Roland Garros dan 26-2 di Grand Slam sejak menjadi petenis peringkat 1 dunia.

Swiatek membuka final dengan menyambar keunggulan 3-0 sebelum Muchova akhirnya memecah kebuntuan menjadi 3-1. Petenis unggulan pertama tidak membiarkan hal tersebus berlangsung lama dan hanya kehilangan satu game lagi sebelum memenangkan set pertama.

Petenis berkebangsaan Polandia mempertahankan momentum dengan menyabet keunggulan 3-0 di set kedua yang tampak akan sama dengan set pertama. Tetapi kali ini, Muchova lebih gigih bahkan ia mampu membalikkan keadaan dan unggul dengan 6-5. Tidak menyia-nyiakan peluang, petenis berkebangsaan Ceko mengkonversi peluang set point ketiga setelah pengembalian backhand petenis unggulan pertama terlalu melebar.

Momentum berlanjut setelah Muchova mematahkan servis Swiatek untuk kali ketiga secara beruntun. Tetapi kemudian, kedudukan kembali imbang dengan 4-4. Petenis unggulan pertama lalu mengamankan peluang break point lain demi keunggulan 5-4. Pada akhirnya, pelanggaran ganda yang dilakukan petenis peringkat 43 dunia menjadi perbedaan karena membantu petenis unggulan pertama mempertahankan gelar French Open.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Iga Swiatek, Karolina Muchova

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-french-open-iga-swiatek-sukses-pertahankan-gelar-di-roland-garros
739  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini