Hasil French Open: Elina Svitolina Bertahan Dari Tantangan Varvara Gracheva

Penulis: Dian Megane
Selasa 29 Sep 2020, 08:52 WIB
Elina Svitolina melaju ke babak kedua French Open 2020

Elina Svitolina kerahkan kemampuan terbaik di laga pertama French Open 2020

Berita Tenis: Elina Svitolina dengan aman melaju ke babak kedua French Open tetapi harus mengerahkan kemampuan terbaik demi mengaramkan Varvara Gracheva dengan 7-6, 6-4 dalam waktu 97 menit.

Petenis unggulan ketiga tiba di Roland Garros, Paris dengan mengantongi gelar turnamen clay-court, Strasbourg Open yang ia menangkan pekan lalu dan memperpanjang statistik impresif setelah hanya mencatatkan satu kekalahan di babak pertama Grand Slam sejak musim 2015.

Namun, Gracheva tidak bisa dipandang remeh. Pada penampilan di Grand Slam keduanya, ia bangkit sebanyak tiga kali di set pertama sebelum memaksakan babak tiebreak dan merebut keunggulan di set kedua, sebelum pengalaman yang lebih mumpuni dan konsistensi petenis berkebangsaan Ukraina menjadi salah satu faktor kemenangan.

“Itu pertandingan yang tidak mudah. Saya unggul di set pertama dan Varvara benar-benar meningkatkan permainannya. Ia mulai memukul bola dengan jauh lebih baik dan membuat saya harus bermain ekstra keras demi memenangkan set pertama,” jelas Svitolina.

“Ia mendapatkan momentum di set kedua. Bagi saya, penting untuk memainkan setiap poin dan tidak kehilangan daya fokus saya. Saya menemukan jalan keluar dan bermain dengan jauh lebih baik.”

Prospek set petama mencapai babak tiebreak cukup kecil setelah peteniss unggulan ketiga menggerakkan bola dengan baik dan memperlihatkan pukulan memukau untuk merebut keunggulan 4-0.

Meski tertinggal cukup jauh, petenis peringkat 89 dunia, Gracheva memperlihatkan kegigihan. Ia mulai menemukan ritme permainan dan bahkan mengimbangi petenis peringkat 10 besar pertama yang ia hadapi dalam kariernya.

Kedua petenis saling menukar peluang break sebelum babak tiebreak terpaksa digelar. Dalam 12 game pertama, hasil pertandingan kurang bisa diprediksi, sehingga babak tiebreak menjanjikan permainan yang lebih ketat. Tetapi kali ini petenis berkebangsaan Ukraina tampil dominan dan memenangkannya dengan 7/2.

Memasuki set kedua, Gracheva berhasil menyambar keunggulan 3-1. Tetapi game ketujuh terbukti menjadi titik balik pertandingan. Ia membuka keunggulan 0/40 tetapi tidak mampu mengkonversi kelima break point yang ia ciptakan dan dari titik itu, ia seperti kehilangan sentuhan yang bisa saja membuatnya berhasil menundukkan petenis peringkat 5 dunia.

Melihat adanya peluang, petenis berkebangsaan Ukraina meningkatkan serangan dan mendapatkan peluang break untuk menyamakan kedudukan sebelum akhirnya menutup pertandingan melalui peluang match point ketiga.

Di babak kedua French Open, Svitolina akan bertemu Renata Zarazua yang mengeleminasi petenis tuan rumah, Elsa Jacquemot dengan hasil telak 6-1, 6-2.

Pemenang dari pertandingan tersebut akan bertemu petenis unggulan ke-27, Ekaterina Alexandrova atau petenis berkebangsaan Australia, Astra Sharma di babak ketiga.

Alexandrova melaju ke babak kedua French Open, dengan kemenangan 6-3, 6-3 atas rekan senegara Sharma, Maddison Inglis dan Sharma mengklaim kemenangan 6-3, 2-6, 7-5 atas rekan senegara Alexandrova, Anna Blinkova.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Elina svitolina, Varvara Gracheva

552  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini