Hasil Australian Open: Nadal Kembali Ke Perempatfinal Untuk Kali Ke-13

Penulis: Dian Megane
Senin 15 Feb 2021, 17:01 WIB
Rafael Nadal tembus perempatfinal Grand Slam ke-43 di Australian Open 2021

Rafael Nadal belum kehilangan satu set pun dari empat laga yang telah ia lakoni di Australian Open 2021

Berita Tenis: Rafael Nadal berkompetisi dengan sengit pada hari Senin (15/2) waktu setempat demi mengatasi kegigihan Fabio Fognini di babak keempat Australian Open musim 2021.

Bintang tenis Spanyol tidak selalu berada dalam kondisi terbaik dalam servisnya, tetapi ia bergerak dengan mulus dan memainkan permainan tenis yang rapi ketika menyabet kemenangan 6-3, 6-4 6-2 atas petenis unggulan ke-16, Fognini dalam waktu 2 jam 16 menit di Rod Laver Arena.

“Ketika anda berada di lapangan melawan Fabio, anda akan merasa khawatir. Selalu ada hal yang bisa menjadi kendala. Saya hanya beruntung ketika ia mematahkan saya di set kedua, saya segera menjawabnya dan mempertahankan skor. Hari ini (15/2) sangat lembab dan lebih cepat di sesi siang, yang saya sukai, tetapi saya harus beradaptasi dengan setiap kondisi,” jelas Nadal.

Juara Australian Open musim 2009 melesatkan 24 winner, termasuk enam ace, dalam perjalanan memperbesar selisih dalam head to head menjadi 13-4 melawan petenis berkebangsaan Italia, Fognini yang mengkonversi dua dari enam peluang break point dan melakukan 35 unforced error.

“Set pertama, tanpa diragukan menjadi level terbaik saya di turnamen ini. Kondisi fisik saya harus tetap berkembang, tetapi saya pikir pertandingan hari ini membantu saya. Saya tidak bisa berlatih dengan baik dalam 19 hari terakhir, tetapi kemarin (14/2) saya mulai kembali meningkatkan jumlah sesi latihan saya,” tambah Nadal.

Petenis yang telah mengantongi 20 gelar Grand Slam membuka set pertama dengan 3-0 dan Fognini dengan segera meresponnya, meski petenis unggulan kedua kembali merebut keunggulan. Petenis berkebangsaan Italia memperlihatkan daya juang dengan mengamankan tiga set point di game kedelapan sebelum petenis unggulan kedua menutup set pertama dengan mengklaim game terakhir tanpa balas.

Fognini mengamankan satu peluang break point di game pertama set kedua dan memanfaatkan servis yang penuh kekuatan. Ia bahkan merebut keunggulan 4-2 setelah petenis peringkat 2 dunia melakukan pelanggaran ganda dan kesalahan dengan forehand, tetapi hal tersebut hanya sementara. Dari kedudukan tersebut, bintang tenis Spanyol menyambar empat game secara beruntun demi menyegel set kedua yang bertahan selama 52 menit.

Petenis yang kalah di perempatfinal Australian Open musim 2020 tetap tampil lebih impresif daripada petenis unggulan unggulan ke-16 di set ketiga. Setelah kehilangan game pertama, petenis unggulan kedua merebut lima game secara beruntun sebelum memastikan diri lolos ke perempatfinal Australian Open untuk kali ke-13 sekaligus perempatfinal Grand Slam ke-43 dalam kariernya.

Petenis yang belum kehilangan satu set pun di Grand Slam pertama musim 2021 selanjutnya akan berhadapan dengan petenis unggulan kelima, Stefanos Tsitsipas yang melaju ke perempatfinal tanpa harus memukul bola satu pun setelah lawannya, rekan senegara Fognini, Matteo Berrettini mundur dari pertandingan.

Sampai saat ini, Nadal unggul atas Tsitsipas dengan 6-1. Satu-satunya kemenangan Tsitsipas atas bintang tenis Spanyol terjadi di Madrid musim 2019 yang berakhir dengan tiga set.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Rafael Nadal, Fabio Fognini, Stefanos Tsitsipas

634  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini