Hasil Australian Open: Karolina Muchova Bungkam Petenis Peringkat 1 Dunia

Penulis: Dian Megane
Rabu 17 Feb 2021, 10:13 WIB
Karolina Muchova [kanan] tembus semifinal Australian Open 2021

Karolina Muchova [kanan] dan Ashleigh Barty [kiri] usai lakoni perempatfinal Australian Open 2021

Berita Tenis: Ashleigh Barty memegang keunggulan di perempatfinal Australian Open musim 2021 sebelum lawannya, Karolina Muchova meminta jeda untuk alasan medis dan meninggalkan lapangan untuk sesaat.

Lebih dari 1 jam kemudian, petenis peringkat 1 dunia, Barty menjadi petenis yang benar-benar harus meninggalkan lapangan. Petenis favorit tuan rumah harus kalah dengan 1-6, 6-3, 6-2 dari petenis berkebangsaan Ceko yang ada di seberang netnya pada hari Rabu (17/2) waktu setempat.

Petenis unggulan ke-25 mengamankan satu tempat di semifinal Grand Slam untuk kali pertama di Australian Open musim 2021. Kemenangan yang ia kantongi kali ini mengandaskan harapan Barty untuk menjadi petenis putri Australian pertama yang memenangkan gelar di Melbourne sejak Chris O’Neil pada musim 1978.

Mengawali perempatfinal Grand Slam kedua dalam kariernya, petenis berkebangsaan Ceko bermain dengan cukup buruk dan Barty menyambar keunggulan 5-0 dan hanya kehilangan enam poin saja. Setelah sembilan game, petenis berkebangsaan Ceko hanya menghasilkan 1 winner dengan 18 unforced error dan di awal set kedua, ia meminta jeda untuk alasan medis yang berlangsung hampir selama 10 menit.

“Saya mulai merasa sedikit tersesat. Ash mengawalinya dengan sangat impresif. Ia bermain hampir tanpa melakukan kesalahan, itu sangat menyulitkan. Saya sedikit kehilangan arah di lapangan dan kepala saya seperti berputar, jadi saya meminta jeda dan itu membantu saya,” ungkap Muchova.

Staf medis mengukur suhu petenis unggulan ke-25, mengecek tekanan darah, dan memberinya es sebelum ia kembali ke lapangan. Ketika ia kembali, ia bermain dengan jauh lebih baik.

“Saya berusaha memainkan rally-rally yang sedikit lebih cepat, sehingga kami tidak memainkan rally-rally panjang seperti di set pertama dan strategi itu berjalan dengan baik,” seru Muchova.

Menghadapi petenis yang telah mengantongi satu gelar Grand Slam, Barty, petenis berkebangsaan Ceko mulai bergerak ke dalam lapangan untuk mengembalikan bola lebih awal. Petenis tuan rumah yang dipaksa mundur ke belakang area baseline menjadi bimbang dan tidak menentu.

Dalam satu waktu, petenis unggulan ke-25 berhasil memenangkan delapan dari sembilan game. Di dua set terakhir, Barty menyelesaikannya dengan 37 unforced error dan kehilangan servisnya dalam empat kesempatan,

Satu-satunya kemenangan petenis berkebangsaan Ceko atas petenis peringkat 5 besar adalah melawan petenis peringkat 3 dunia saat itu sekaligus rekan senegaranya, Karolina Pliskova di Wimbledon musim 2019.

Demi satu tempat di final Grand Slam pertama dalam kariernya, Muchova akan menantang salah satu petenis AS, Jennifer Brady atau Jessica Pegula di semifinal Australian Open musim ini.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Karolina Muchova, Ashleigh barty

3221  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini