Hasil Australian Open: Amankan 7 Match Point, Roger Federer Melangkah Ke Semifinal

Penulis: Dian Megane
Selasa 28 Jan 2020, 21:18 WIB
Hasil Australian Open: Amankan 7 Match Point, Roger Federer Melangkah Ke Semifinal

Roger Federer

Berita Tenis: Setelah berkiprah selama 22 tahun, Roger Federer menampilkan performa terbaiknya seperti Houdini demi melangkah ke semifinal Australian Open di Melbourne pada hari Selasa (28/01) waktu setempat.

Petenis unggulan ketiga, Federer harus mengamankan tujuh match point sebelum mengklaim kemenangan 6-3, 2-6, 2-6, 7-6, 6-3 atas petenis AS, Tennys Sandgren.

“Kadang-kadang anda harus mendapatkan keberuntungan,” ungkap Federer dengan penuh senyum. “Saya hanya berharap bahwa ia mungkin tidak akan menembakkan winner, jika ia melewatkan satu atau dua match point, siapa yang tahu apa yang akan terjadi? Saya pikir saya benar-benar beruntung hari ini (28/01).”

“Seiring dengan berjalanannya pertandingan, saya mulai merasa lebih baik dan berusaha untuk bermain. Saya percaya dengan keajaiban. Bisa saja hujan turun, membiarkannya mengalahkan saya, tetapi ia tidak melakukannya. Saya masih berdiri di sini dan pastinya merasa sangat senang.”

Berkat kemenangan tersebut, Federer tetap tidak terkalahkan (15-0) di perempatfinal Australian Open. Federer juga memenangkan laga lima set keenam terakhir yang dilakoninya di Melbourne, setelah ia juga memenangkan babak tiebreak di set kelima ketika mengalahkan John Millman di babak ketiga.

“Pertandingan selanjutnya tidak akan bertambah mudah. Tetapi saya mendapatkan waktu jeda tanpa melakukan apapun. Anda merasa lebih baik dan anda tidak pernah tahu,” lanjut Federer.

Mengetahui bahwa Sandgren hanya perlu memenangkan set keempat untuk melenggang ke semifinal, Federer mengerahkan kemampuan terbaiknya demi menahan laju Sandgren. Sandgren berpeluang keluar sebagai pemenang pada ketika kedudukan 5-4, tetapi tiga peluang match point terbuang sia-sia karena kesalahannya sendiri.

Set keempat akhirnya harus memasuki babak tiebreak. Di babak tiebreak, Federer sedikit kehilangan fokus dan membuat Sandgren unggul tipis dengan 4/3. Tiga peluang match point kembali diciptakan Sandgren pada kedudukan 6/3, tetapi dengan kegigihannya, Federer mengamankan ketiganya dan berjuang keras demi memperkecil selisih menjadi 6/5. Match point ketujuh Sandgren kembali muncul pada kedudukan 7/6, tetapi lagi-lagi Federer mengamankannya dan akhirnya menciptakan set pointnya sendiri pada kedudukan 8/7. Sandgren tidak menyerah dan memunahkan peluang tersebut. Tetapi Federer kembali mendapatkan peluang setelah unggul 9/8 dan akhirnya memaksakan set penentu setelah pengembalian forehand Sandgren terlalu melebar.

Sandgren cukup mengimbangi Federer di awal set kelima, tetapi akibat menyia-nyiakan tujuh peluang match point, mental Sandgren cukup terganggu. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Federer yang akhirnya mengkonversi peluang match point pertamanya dengan mengirimkan servis bertenaga setelah berjuang selama 3 jam 31 menit.

Demi kembali ke partai puncak, Federer akan berhadapan dengan petenis unggulan kedua, Novak Djokovic atau petenis berkebangsaan Kanada, Milos Raonic.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Roger Federer, Tennys Sandgren

1215  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini