Fakta Unik Dengan Angka Antara Novak Djokovic VS Roger Federer

Penulis: Dian Megane
Minggu 14 Jul 2019, 17:59 WIB
Fakta Unik Dengan Angka Antara Novak Djokovic VS Roger Federer

Novak Djokovic [kanan] dan Roger Federer [kiri] ketika turun di nomor ganda ajang Laver Cup 2018

Berita Tenis: Dua petenis unggulan dua teratas – Novak Djokovic dan Roger Federer – akan bertarung demi mengklaim gelar Wimbledon nomor tunggal putra pada hari Minggu (14/07) waktu setempat.

Djokovic akan mengincar gelar kedua secara beruntun di Wimbledon melawan Federer yang telah memenangkan gelar Wimbledon sebanyak delapan kali.

Pertemuan di partai puncak Wimbledon musim ini akan menjadi pertemuan ke-48 mereka dan Djokovic unggul dalam head to head mereka dengan 25-22.

Berikut sejumlah angka di balik final Wimbledon nomor tunggal putra musim 2019:

1:Hanya satu petenis yang pernah mengalahkan Djokovic dan Rafael Nadal di Grand Slam yang sama, yakni Stan Wawrinka di Australian Open 2014. Federer bisa menjadi petenis kedua yang melakukannya jika ia mengalahkan Djokovic di final (Federer mengalahkan Nadal di semifinal).

3:Federer menelan kekalahan di ketiga laga lima set yang dilakoninya melawan Djokovic. Di ketiga pertandingan tersebut, Federer memenangkan set pertama.

4:Jika Federer menang, ia akan menjadi petenis putra pertama musim ini yang memenangkan empat trofi. Musim ini ia telah memenangkan gelar di Dubai, Miami, dan Halle.

5:Federer mengincar untuk menjadi petenis putra pertama di Open Era yang memenangkan gelar Grand Slam kelima setelah merayakan ulang tahun ke-30. Sejak menginjak usia 30 tahun, ia telah memenangkan gelar Wimbledon dua kali (2012, 2017) dan Australian Open dua kali (2017, 2018).

7:Djokovic tidak melakoni turnamen grass-court sebelum Wimbledon sebanyak tujuh kali dalam 10 musim terakhir.

9:Federer menargetkan untuk menjadi petenis putra pertama yang memenangkan gelar Wimbledon untuk kali kesembilan, sebuah pencapaian yang baru dicapai oleh Martina Navratilova.

11:Wimbledon adalah Grand Slam ke-11 secara beruntun yang dimenangkan oleh Big Three (Federer, Nadal, dan Djokovic). Petenis terakhir di luar grup tersebut yang memenangkan Grand Slam adalah Wawrinka di US Open 2016.

12:Federer akan melakoni final Wimbledon ke-12 dalam kariernya, melebihi Boris Becker, Arthur Gore, dan Pete Sampras yang tampil di tujuh final Wimbledon.

16:Pertemuan di Wimbledon kali ini akan menjadi pertemuan ke-16 antara Djokovic melawan Federer di Grand Slam.

20:Untuk kali ke-20, kedua petenis akan bertanding melawan satu sama lain di final turnamen ATP dengan Djokovic memenangkan 13 di antaranya.

21:Jumlah Grand Slam di mana Djokovic menjadi petenis unggulan pertama

31:Final Wimbledon musim ini akan menjadi final Grand Slam ke-31 Federer.

48:Pertemuan di Wimbledon pekan ini akan menjadi pertemuan ke-48 kedua petenis, pertemuan terbanyak kedua setelah Djokovic bertemu Rafael Nadal sebanyak 54 kali.

48:Untuk kali ke-48 di Open Era, final Grand Slam diisi oleh petenis peringkat 2 teratas.

94:Jumlah pertandingan grass-court yang dimenangkan Djokovic.

187:Jumlah pertandingan grass-court yang dimenangkan Federer.

Artikel Tag: Tenis, wimbledon, Novak Djokovic, Roger Federer

1830  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini