Elina Svitolina Kenang Jalan Panjang Dan Terjal Demi Jadi Petenis

Penulis: Dian Megane
Senin 18 Jan 2021, 20:31 WIB
Elina Svitolina korbankan banyak hal demi jadi petenis profesional

Elina Svitolina ketika tampil di Abu Dhabi Open 2021

Berita Tenis: Petenis yang pernah bertengger di peringkat 3 dunia, Elina Svitolina mengalami kemajuan yang konstan dalam perkembangannya sebagai seorang petenis.

Dari musim 2017 sampai saat ini, tampak sejumlah performa yang menjadi sorotan dari perkembangan petenis berkebangsaan Ukraina. Ia mengawali musim tersebut dengan menundukkan petenis peringkat 1 dunia kala itu, Angelique Kerber pada pertemuan mereka di Brisbane. Setelah itu, ia sukses memenangkan gelar Taiwan Open.

Petenis berusia 26 tahun mengakhiri musim tersebut sebagai salah satu petenis peringkat 3 besar. Pada musim selanjutnya, yakni musim 2018, petenis yang melaju ke babak ketiga Australian Open musim 2020, memenangkan gelar terbesar dalam kariernya sampai saat ini, gelar WTA Finals. Dalam perjalanan memenangkan gelar tersebut, ia memenangkan semua pertandingan di fase grup. Ia mengalahkan sejumlah petenis terbaik dunia seperti Caroline Wozniacki, Karolina Pliskova, dan Petra Kvitova.

Baru-baru ini, petenis peringkat 5 dunia menekankan pada perjuangan awal yang ia hadapi dalam perjalanan menjadi petenis profesional.

“Saya hanya berada di lapangan di sepanjang waktu. Ketika saya berusia 10, 11 tahun, saya mulai memenangkan turnamen nasional. Orang tua saya mengatakan bahwa tinggal dengan Sam (saudara laki-laki) tidak akan membantu permainan tenis saya. Kami memikirkan untuk pergi ke luar negeri di mana saya bisa bermain dan berkompetisi melawan petenis lain yang lebih tangguh,” kenang Svitolina.

Petenis yang kalah dari Naomi Osaka di perempatfinal Australian Open musim 2019, juga mengingat kembali pengorbanan yang ia lakukan dengan meninggalkan rumah dan pergi ke luar negeri. Tetapi ia merasa bahwa ia harus mengerahkan segalanya dan kini, hal tersebut terbayar dengan baik.

“Rasanya tidak mudah, karena saya jauh dari rumah sejak usia saya 12, 13 tahun. Tetapi kami hanya setuju bahwa kami akan mencoba dan memberikan yang terbaik. Mengenang kembali semua hal yang telah saya lalui, hal itu memberi saya daya juang yang saya miliki ini,” tambah Svitolina.

Petenis yang telah dua kali lolos ke perempatfinal Australian Open, Svitolina saat ini melakukan karantina di Melbourne, di mana mayoritas para petenis mempersiapkan diri mereka demi Grand Slam pertama pada musim yang baru ini.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Elina svitolina

673  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini