Djokovic Siap Lakoni Laga Maraton Lawan Thiem Di Semifinal ATP Finals

Penulis: Dian Megane
Sabtu 21 Nov 2020, 19:00 WIB
Novak Djokovic semakin dekat dengan gelar ATP Finals keenam dalam kariernya

Novak Djokovic siap hadapi tantangan yang disuguhkan Dominic Thiem di semifinal ATP Finals 2020

Berita Tenis: Novak Djokovic satu langkah lebih dekat untuk memenangkan gelar ATP Finals keenam dalam kariernya usai mengklaim kemenangan dua set langsung atas Alexander Zverev yang mengantarkannya ke semifinal.

Laga terakhir fase grup tersebut krusial bagi kedua petenis setelah keduanya mencatatkan 1-1 di Grup Tokyo 1970, dan kali ini dewi fortuna berpihak kepada petenis peringkat 1 dunia yang membukukan satu tempat di babak empat besar ATP Finals untuk kali kesembilan dari 13 kunjungannya ke turnamen akhir musim tersebut.

Kemenangan tersebut menjadi ajang balas dendam petenis berkebangsaan Serbia kepada Zverev yang mengalahkannya di partai puncak ATP Finals musim 2018. Di semifinal kali ini, ia akan menantang juara US Open musim ini, Dominic Thiem.

“Saya kalah dari Dominic di fase grup musim lalu. Itu laga yang menegangkan, 7-6 di set ketiga,” kenang Djokovic.

“Saya sangat menghormati Thiem, baik permainan maupun etos kerjanya. Nico Massu, semua timnya, mereka semua orang yang sangat baik. Mereka sangat berdedikasi dan rendah hati.”

“Ia juara Grand Slam, jadi, hal itu tentu menjadi suntikan kepercayaan diri baginya, mendapatkan tekanan, dan harapan. Saya yakin, hal itu akan membuatnya bermain dengan bebas dan dengan lebih baik daripada sebelumnya.”

Tiba di ATP Finals musim ini, petenis berusia 33 tahun mengincar gelar lain di musim 2020 yang gemilang ketika ia mengawalinya dengan memenangkan gelar Australian Open kedelapan dalam kariernya dan mencatatkan 26 kemenangan beruntun.

Ia meneruskan dominasinya dengan memenangkan dua gelar Masters 1000 di Cincinnati Open dan Italian Open. Ia juga menjadi petenis peringkat 1 dunia pada akhir musim untuk kali keenam dalam kariernya.

Prestasi tersebut tentu menjadi catatan yang impresif bagi petenis manapun dengan mempertimbangkan turnamen ATP musim ini sempat vakum kurang lebih selama enam bulan akibat pandemi COVID-19

Ia meyakinkan semua pihak bahwa ia akan merasa segar jelang semifinal turnamen akhir musim, tetapi mengakui bahwa aspek mental cukup terpengaruh akibat kondisi saat ini yang ia deskripsikan sebagai tantangan yang unik.

“Saya mungkin tidak merasa lelah pada akhir musim ini seperti musim-musim sebelumnya, tetapi saya pikir secara mental maupun emosional, kondisi saat ini sangat mempengaruhi para petenis karena kami diminta menjalani banyak protokol, termasuk dikarantina secara konstan dan tidak bisa bebas pergi ke manapun,” jelas petenis peringkat 1 dunia.

“Saya menantikan untuk mengakhiri musim ini dengan cara terbaik, tetapi saya menantikan untuk beristirahat sebelum musim yang baru.”

Sebelum ia bisa beristirahat, ia akan melalui laga menantang melawan petenis peringkat 3 dunia, Thiem demi satu tempat di partai puncak ATP Finals. Ia unggul atas Thiem dengan 7-4 dengan lima pertemuan terakhir mereka harus melalui babak tiebreak atau set penentu.

“Selanjutnya semifinal, jadi, saya memperkirakan laga sengit, tidak perlu dipertanyakan,” tukas Djokovic.

“Ia berada dalam kondisi prima dan ia senang bermain di lapangan seperti ini. Ia melakoni final turnamen ini musim lalu, bahkan musim lalu ia mengalahkan Roger Federer dan saya sendiri.”

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Novak Djokovic, Dominic Thiem, alexander zverev

483  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini