Di Tengah Pandemi COVID-19, Australian Open 2021 Rilis Protokol Ketat

Penulis: Dian Megane
Sabtu 02 Jan 2021, 21:32 WIB
Di tengah-tengah pandemi, sejumlah turnamen akan digelar di venue yang sama dengan venue Australian Open 2021

Siluet Sofia Kenin ketika berkompetisi di Australian Open 2020

Berita Tenis: Grand Slam pertama pada musim 2021, Australian Open akan digelar setelah adanya sedikit penundaan dibandingkan dengan edisi sebelumnya.

Setelah sejumlah pertemuan di antara beragam pihak berwenang, pihak pemerintah akhirnya memberikan lampu hijau untuk tanggal dimulainya Grand Slam di Melbourne yang akan digelar pada 8 – 21 Februari.

Seperti musim-musim sebelumnya, sejumlah turnamen ATP level 250 akan digelar sebelum menuju turnamen yang pada musim 2020 dimenangkan Novak Djokovic. Tetapi pada musim 2021, lapangan di Melbourne Park akan menjadi tuan rumah dari turnamen tersebut.

Biasanya, turnamen tersebut akan digelar di Adelaide dan Brisbane. Ajang tenis beregu putra yang baru, ATP Cup juga akan digelar di Melbourne. Pada musim 2020, edisi pertama ATP Cup digelar di Brisbane, Perth, dan Sydney.

Agar Grand Slam di Melbourne berjalan dengan lancar, pihak penyelenggara membagi venue menjadi tiga area berbeda. Berdasarkan tiket yang mereka beli, para penggemar bisa memilih area di mana mereka ingin menyaksikan pertandingan.

Untuk turnamen putra akan ada dua turnamen ATP level 250 dan ATP Cup. Sementara untuk turnamen putri, ada dua turnamen WTA level 500.

Rod Laver Arena dan Margaret Court akan menjadi tuan rumah ATP Cup. Bersama Australian Open, turnamen WTA level 250 akan digelar pada 13 – 19 Februari.

Babak kualifikasi Grand Slam di Melbourne untuk nomor putra akan digelar di Doha, sedangkan babak kualifikasi nomor putri akan digelar di Dubai. Musim 2021 akan menjadi saksi dari perubahan jadwal banyak turnamen sebagai akibat pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

Protokol seperti itu akan diterapkan sebagai usaha untuk memastikan keselamatan semua individu dan bukan hanya para petenis saja. Memastikan Grand Slam tersebut berjalan lancar adalah prioritas utama dari pihak penyelenggara di Melbourne karena para penggemar sudah tidak sabar untuk menyaksikan petenis favorit mereka kembali beraksi di salah satu turnamen yang prestisius.

Juara bertahan dari turnamen tersebut adalah Djokovic (mengalahkan Dominic Thiem) dan Sofia Kenin (mengalahkan Garbine Muguruza). Jika Djokovic bisa memenangkan edisi musim 2021, maka petenis peringkat 1 dunia akan mencetak hat-trick dengan memenangkannya tiga kali secara beruntun.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic

491  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini