Demi Tolong Korban Kebakaran Lahan, Sejumlah Petenis Kenamaan Bersatu Untuk Galang Dana

Penulis: Dian Megane
Kamis 16 Jan 2020, 07:53 WIB
Demi Tolong Korban Kebakaran Lahan, Sejumlah Petenis Kenamaan Bersatu Untuk Galang Dana

Para petenis top dunia berkumpul untuk menggalang dana demi korban kebakaran di Australia [image: twitter/ausopen]

Berita Tenis: Roger Federer, Novak Djokovic, dan Serena Williams hanya beberapa nama dari petenis top dunia yang hadir di acara penggalangan dana yang digelar di Melbourne Park.

Digelar oleh Tennis Australia, Rally For Relief digagas untuk menggalang dana yang diperuntukkan bagi mereka yang terkena dampak kebakaran hutan, musibah yang terjadi sejak September lalu. 28 orang tewas dan dipekirakan 2.000 rumah hancur. Di New South Wales sendiri, 4,9 juta hektar terbakar, luas area yang lebih besar daripada negara Denmark.

Pada ajang yang menampilkan sejumlah bintang tenis, Williams dan Caroline Wozniacki menjadi satu tim dan melakoni kompetisi cukup ringan. Para petenis saling berpasangan untuk melakoni nomor ganda dan saling mengganti pemain setelah setiap game. Kemenangan diamankan Rafael Nadal dan Djokovic yang memenangkan game penentu atas Stefanos Tsitsipas dan Alexander Zverev, sehingga kemenangan 4-3 menjadi milik tim Williams.

Ajang tersebut tidak pernah diniatkan sebagai kompetisi yang berkualitas, tetapi sebagai ajang penggalangan dana. Saat berada di lapangan, petenis peringkat 1 dunia, Nadal mengungkapkan bahwa ia dan Federer memutuskan untuk mendonasikan seperempat juta dolar di antara mereka.

“Berbicara dengan Roger beberapa jam sebelumnya, kami memutuskan untuk mendonasikan 250.000 dolar bersama-sama,” ungkap Nadal.

“Harapannya, kami bisa terus menginspirasi orang-orang untuk terus berjuang menghadapi musibah ini dan yakin kita bisa melewatinya. Saya harap ini bisa membantu memberikan hal yang mereka butuhkan.”

Sementara itu, petenis tuan rumah, Nick Kyrgios menyatakan, “Beberapa pekan terakhir telah menjadi pekan yang begitu emosional. Melalui ATP Cup, untuk itulah mengapa saya bermain dengan begitu keras. Saya ingin menyampaikan pesan.”

“Ketika saya di rumah, di Canberra, saya bahkan tidak bisa keluar. Sungguh emosional. Saya mersa senang bahwa kami memiliki Roger, Rafa, dan Novak, beberapa figure hebat yang bergabung dengan acara ini.”

Kyrgios merupakan petenis yang memulai tren untuk berdonasi kepada korban kebakaran yang dikumpulkan dari setiap ace yang dihasilkannya selama berkompetisi di Australia. Mematok 200 dolar untuk setiap ace, Kyrgios telah mengumpulkan 13.800 dolar di ATP Cup saja.

Sebelum Rally To Relief, dana yang terkumpul kira-kira sebesar 400.000 dolar Australia. Setelah ajang tersebut pihak penyelenggara mengumumkan bahwa dana yng terkumpul mencapai 4.826.014 dolar Australia.

Artikel Tag: Tenis, Rafael Nadal, Novak Djokovic, Roger Federer, Nick kyrgios, Serena Williams, Caroline Wozniacki

309  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini