Delapan Fakta Tentang Kemenangan Novak Djokovic Di French Open

Penulis: Dian Megane
Senin 14 Jun 2021, 20:15 WIB
Novak Djokovic kini telah memenangkan keempat Grand Slam lebih dari satu kali

Novak Djokovic klaim gelar French Open untuk kali pertama sejak musim2016

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic sekali lagi menjadi juara French Open setelah berjuang habis-habisan untuk menaklukkan Stefanos Tsitsipas di partai puncak.

Pencapaian terakhir petenis berkebangsaan Serbia membuatnya semakin dekat dengan tujuan utamanya untuk mematahkan rekor gelar Grand Slam terbanyak yang dimenangkan petenis putra. Meskipun petenis berusia 34 tahun telah meraih serangkaian pencapaian lain setelah kemenangan teranyarnya di French Open.

Berikut ringkasan tentang bagaimana kemenangan teranyar Djokovic akan menghiasi sejarah dunia tenis:

1. Petenis peringkat 1 dunia kini telah mengantongi 19 gelar Grand Slam dalam kariernya, pencapaian tertinggi kedua dalam sejarah dunia tenis putra. Roger Federer dan Rafael Nadal saat ini masih unggul dengan 20 gelar Grand Slam. Ia memiliki peluang untuk melampaui dua musuh bebuyutannya pada musim ini jika ia memenangkan Wimbledon dan US Open.

2. Petenis berkebangsaan Serbia menjadi petenis putra pertama di Open Era yang memenangkan setiap Grand Slam lebih dari satu kali. Petenis putra lain yang mencapai prestasi tersebut adalah Roy Emerson dan Rod Laver.

3. Petenis berusia 34 tahun juga menjadi petenis putra ketiga dalam sejarah yang memenangkan Australian Open dan French Open di musim yang sama lebih dari satu kali mengikuti jejak langkah Emerson dan Laver.

4. Petenis peringkat 1 dunia menjadi petenis putra tertua ketiga yang memenangkan French Open setelah Nadal (34 tahun 130 hari) dan Andres Gimeno (34 tahun 306 hari).

5. Untuk kali keenam dalam kariernya, Djokovic harus bangkit setelah kecolongan dua set untuk memenangkan pertandingan. Catatan kemenangan dan kekalahannya di laga lima set terbaik sampai saat ini mencapai 35-10.

6. Petenis berkebangsaan Serbia menjadi petenis putra kedelapan di Open Era yang memenangkan French Open lebih dari satu kali. Nadal memegang rekor dengan memenangkan Grand Slam tersebut sebanyak 13 kali.

7. Petenis peringkat 1 dunia menjadi petenis putra pertama dalam sejarah yang memenangkan tujuh gelar Grand Slam setelah berusia 30 tahun. Sejak menginjak usia tersebut, ia telah memenangkan Australian Open sebanyak tiga kali (2019 – 2021), Wimbledon sebanyak dua kali (2018 – 2019), US Open sebanyak satu kali (2018), dan French Open satu kali (2021).

8. Ketika daftar peringkat terbaru dirilis pekan ini, Djokovic akan unggul dengan 12.313 poin, 1.800 poin lebih banyak daripada Daniil Medvedev yang ada di peringkat kedua.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Novak Djokovic, Rafael Nadal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/delapan-fakta-tentang-kemenangan-novak-djokovic-di-french-open
803  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini