Dayana Yastremska Menuju Australia Meski Terlibat Kasus Doping

Penulis: Dian Megane
Jumat 15 Jan 2021, 18:07 WIB
Nama Dayana Yastremska masih tercantum dalam daftar yang diskors sementara oleh ITF

Dayana Yastremska ketika tampil di French Open 2020 [image: Jimmie48 Photography|WTA]

Berita Tenis: Tennis Australia menyatakan bahwa mereka menyelidiki setelah diketahui Dayana Yastremska melakukan penerbangan ke Australia meski gagal dalam tes obat-obatan.

Pekan lalu, ITF mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi bahwa petenis berkebangsaan Ukraina telah menerima skorsing sementara setelah hasil tes menunjukkan bahwa ia positif menggunakan substansi terlarang, mesterolone metabolite, salah satu zat yang dilarang WADA dan bisa digunakan untuk perawatan bagi orang-orang yang memiliki hormon testosteron rendah.

Petenis berkebangsaan Ukraina tertangkap kamera berada dalam pesawat menuju Australia pada hari Kamis (14/1) dan foto tersebut diunggah petenis yang telah memenangkan dua gelar Grand Slam, Svetlana Kuznetsova yang sejak saat itu telah dihapus.

Petenis peringkat 29 dunia membantah telah melakukan kesalahan apa pun dan menyatakan ia mendapatkan bukti ilmiah bahwa hasil positif yang ia terima telah terkontimasi. Meski ia tidak menjelaskan lebih lanjut apa bukti tersebut.

Petenis berkebangsaan Ukraina memiliki hak untuk naik banding terkait skorsing sementara tersebut, tetapi menurut pernyataan terakhir ITF, ia belum melakukannya. Cara agar skorsing tersebut bisa dibatalkan adalah jika dewan yang berhubungan dengan naik banding tersebut menerima argumennya tentang kontaminasi yang akan membuat ia segera diizinkan untuk bisa kembali bermain.

“Hanya ada mesterolone metabolite dengan konsentrasi sangat rendah dalam urin saya. Mengingat konsentrasinya rendah dan hasil te saya negatif pada dua pekan sebelumnya, saya menerima bukti ilmiah bahwa hasil tersebut telah terkontaminasi,” tulis Yastremska.

Terlepas dari permohonan petenis peringkat 29 dunia, masih belum jelas apakah ia atau Tennis Australia telah melanggar peraturan. Per 15 Januari, pihak ITF masih mencantumkan namanya sebagai petenis yang untuk sementara diskors dari tenis.

Richard Ings, mantan pimpinan ageni anti-doping Australia, menunjukkan bahwa petenis yang diskors tidak diizinkan untuk berpartisipasi dengan aktivitas apa pun yang diorganisir oleh pihak turnamen. Hal tersebut tentu mencuatkan pertanyaan apakah penerbangan dengan pesawat yang khusus disewa Tennis Australia dihitung sebagai salah satu aktivitas tersebut.

Yastremska saat ini berada dalam daftar masuk Autralian Open dan diizinkan untuk berlatih selama menjalani karantina seperti petenis lain, kecuali ada hal yang berubah. Tennis Australia belum mengeluarkan pernyataan, tetapi agensi berita, AAP mengkonfirmasi bahwa penyelidikan telah dilakukan. Jika ternyata petenis berusia 20 tahun tidak memenuhi syarat untuk bermain, masih belum jelas apakah ia harus membayar biaya untuk penerbangan yang ia lakukan.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Dayana Yastremska

675  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini