Dayana Yastremska Diskors Sementara Akibat Doping

Penulis: Dian Megane
Jumat 08 Jan 2021, 10:01 WIB
Dayana Yastremska membantah bahwa ia melakukan doping

Dayana Yastremska ketika tampil di Italian Open 2020

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Ukraina, Dayana Yastremska untuk sementara diskors setelah World Anti Doping Agency (WADA) menemukan substansi terlarang dalam sampel urin di luar kompetisi, menurut ITF.

Petenis berusia 20 memberikan sampel pada November lalu dan laboratorium WADA di Montreal menemukan adanya mesterolone metabolite, zat anabolik yang terdapat dalam daftar terlarang WADA.

“Yastremska didakwa dengan Pelanggaran Aturan Anti-Doping bedasarkan Pasal 2.1 Program (adanya Zat yang Dilarang dalam Sampel Pemain) dan untuk sementara akan diskors yang mulai berlaku pada 7 Januari,”ungkap pihak ITF.

“Yastremska memiliki (dan mempertahankan) hak untuk mengajukan permohonan kepada Ketua Pengadilan Independen yang bersidang untuk mendengarkan kasusnya mengapa skorsing sementara tidak seharusnya diberlakukan, tetapi telah memilih untuk tidak menggunakan hak tersebut sampai saat ini.”

Petenis peringkat 29 dunia membantah telah menggunakan obat peningkat kinerja dan meyakini bahwa hasil tes yang positif adalah hasil dari “peristiwa kontaminasi” dan ia memilih menggunakan media sosial untuk merilis pernyataan yang isinya bantahan dari tuduhan tersebut.

“Beberapa hari lalu, saya menerima pemberitahuan dari ITF bahwa hasil tes saya menunjukkan hasil positif untuk mesterolone metabolite pada 24 November 2020,” ungkap Yastremska.

“Saya dengan tegas menyatakan bahwa saya tidak pernah menggunakan obat peningkat kinerja atau zat terlarang apa pun. Saya merasa terkejut, terutama mengingkat dua pekan sebelum tes tersebut, yakni 9 November 2020, saya dinyatakan negatif di turnamen WTA yang digelar di Linz. Setelah turnamen terakhir pada musim 2020, saya berhenti berlatih untuk beristirahat sebelum dimulainya musim baru.”

“Konsentrasi mesterolone metabolite yang terdeteksi dalam urin saya sangat rendah. Mengingat konsentrasinya rendah dan hasil tes saya negatif pada dua pekan sebelumnya, saya telah menerima saran ilmiah bahwa hasil tes tersebut mengalami kontaminasi.”

“Selain itu, saya telah diberi tahu bahwa substansi tersebut dimaksudkan sebagai pengobatan untuk pria dan wanita disarankan untuk tidak menggunakannya karena efek yang merugikan ditimbulkannya. Karena kerahasiaan proses tersebut, anda akan memahami bahwa saya tidak bisa membagikan informasi lebih lanjut pada tahap ini.”
“Namun, saat ini saya bekerja dengan tim saya dan anda bisa yakin bahwa saya bertekad untuk melakukan segalanya demi membersihkan nama saya.”

Pihak ITF belum menyatakan kapan sidang petenis berkebangsaan Ukraina akan berlangsung, hal tersebut membuat partisipasi petenis berkebangsaan Ukraina di Australian Open musim ini akan diragukan.

Artikel Tag: Tenis, Dayana Yastremska

6844  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini