Daria Kasatkina Dan Alejandro Davidovich Fokina Minta VAR Di Dunia Tenis

Penulis: Dian Megane
Sabtu 02 Mar 2024, 23:28 WIB
Daria Kasatkina Dan Alejandro Davidovich Fokina Minta VAR Diterapkan Di Dunia Tenis

Daria Kasatkina [image: X/LadiesOpenPA]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Dua petenis, Daria Kasatkina dan Alejandro Davidovich Fokina telah meminta agar sistem VAR untuk diterapkan di dunia tenis.

Permintaan tersebut mencuat setelah Andrey Rublev didiskualifikasi dari laga semifinal melawan Alexander Bublik di Dubai Tennis Championships.

Ketika petenis berkebangsaan Kazakhstan, Bublik dengan 6-5 di set ketiga, petenis unggulan kedua, Rublev berteriak di hadapan wasit dan dituduh bahwa ia melontarkan sumpah serapah dalam bahasa Rusia kepada salah satu wasit.

Hal tersebut membuat juara Monte Carlo Open musim 2023, Rublev didiskualifikasi dan menempatkan Bublik di final Dubai Tennis Championships.

Namun, sebagai hasil dari insiden tersebut, sejumlah petenis meminta sistem peninjauan VAR karena video tersebut menunjukkan bukti yang tidak meyakinkan apakah petenis unggulan kedua memang melontarkan sumpah serapah dalam bahasa Rusia.

Para petenis yang meminta inovasi seperti itu di antaranya adalah rekan senegara Rublev, Kasatkina dan petenis berkebangsaan Spanyol, Davidovich Fokina setelah kedua petenis meminta sistem VAR untuk diperkenalkan melalui media sosial X.

“Jadi, anda bisa saja mendiskualifikasi seorang petenis, mengambil semua poin dan hadiah uangnya, tanpa bahkan memeriksa videonya?” tulis Kasatkina.

“Sungguh suatu lelucon, tetapi menjadi konfirmasi lain bahwa kita membutuhkan VAR di dunia tenis dan sebuah sistem banding elektronika di semua turnamen.”

Sementara Davidovich Fokina menuliskan, “Sangat tidak adil bahwa mereka mendiskualifikasi Andrey tanpa memastikan terlebih dulu bahwa apa yang dipahami wasit garis adalah benar. Aturan itu seharusnya ditinjau ulang dan diubah. Memalukan. Kita membutuhkan VAR di dunia tenis.”

VAR sendiri telah diterapkan di olahraga football dan juga sistem yang mirip telah diterapkan di olahraga Rugby dengan hasil yang beragam.

Namun sudah jelas bahwa lebih banyak teknologi akan membantu wasit mengidentifikasi apakah diperlukan alasan untuk mendiskualifikasi petenis.

Sejauh ini, sistem VAR telah diujicobakan di dua turnamen akhir musim, Next Gen ATP Finals dan ATP Finals.

Sementara itu, melenggang ke partai puncak di Dubai Tennis Championships, petenis unggulan ketujuh, Bublik akan berhadapan dengan petenis unggulan kelima asal Perancis, Ugo Humbert.

Artikel Tag: Tenis, Daria Kasatkina, Andrey Rublev, Alejandro Davidovich Fokina

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/daria-kasatkina-dan-alejandro-davidovich-fokina-minta-var-di-dunia-tenis
315  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini