Daniil Medvedev Siap Torehkan Sejarah Dengan Gantikan Rafael Nadal

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Mar 2021, 17:12 WIB
Daniil Medvedev semakin dekat dengan peringkat 2 dunia

Daniil Medvedev ketika beraksi di Australian Open 2021

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Rusia, Daniil Medvedev dan usahanya untuk menjadi petenis peringkat 2 dunia telah banyak didokumentasikan.

Performa meyakinkan petenis berkebangsaan Rusia dalam enam bulan terakhir telah menempatkannya jauh lebih dekat dengan peringkat dua besar yang dipegang Novak Djokovic dan Rafael Nadal. Dan kini, ia akhirnya akan melampaui Nadal untuk menjadi petenis peringkat 2 dunia.

Ketika peringkat baru dirilis pada 15 Maret mendatang, runner up Australian Open musim 2021 akhirnya akan menjadi petenis peringkat 2 dunia. Metode peringkat baru yang diterapkan pihak ATP akan membuat Nadal kehilangan beberapa poin. Panduan peringkat baru ATP akan membuat para petenis kehilangan setengah dari poin yang mereka dapatkan di antara 4 Maret dan 9 Agustus.

Jadi, Nadal akan kehilangan setengah dari 360 poin dan runner up US Open musim 2020 akan kehilangan setengah dari 45 point yang ia dapatkan di Indian Wells musim 2019. Saat ini, petenis berkebangsaan Spanyol mengumpulkan 9.850 poin dan petenis berkebangsaan Rusia tepat di belakangnya dengan 9.735 poin. Perbedaan poin peringkat di antara mereka sangat tipis, 135 poin, sehingga peluang petenis berkebangsaan Rusia untuk menggantikan petenis berkebangsaan Spanyol di peringkat 2 dunia sangat besar.

Pergantian tersebut akan menjadi momen bersejarah. Runner Australian Open musim 2021 akan menjadi petenis putra pertama yang berada di peringkat dua besar selain Andy Murray, Novak Djokovic, Nadal, dan Roger Federer dalam 15 musim terakhir. Terakhir kali petenis yang berada di peringkat dua besar, selain keempat petenis tersebut adalah Lleyton Hewitt pada 25 Juli 2005.

Bagi juara Paris Masters musim 2020, itu artinya ia akan menjadi petenis putra Rusia kedelapan yang berada di peringkat 2 besar. Lebih jauh lagi, di antara petenis putra, hanya ada dua peringkat berkebangsaan Rusia yang pernah menghuni peringkat 1 dunia dan juara Paris Masters musim 2020 mungkin akan menjadi yang ketiga, tetapi tentu akan membutuhkan waktu.

Saat ini, Djokovic menghuni peringkat prestisius tersebut tanpa tergoyahkan. Ia mengumpulkan 12.030 poin dan lebih dari 2.000 poin di atas Nadal, Medvedev, dan petenis lain yang mengincar peringkat tersebut.

Sementara itu, kemajuan pesat Medvedev dimulai dari Paris Masters musim 2020. Dari turnamen tersebut, ia memenangkan ATP Finals, lalu membantu Rusia memenangkan ATP Cup musim 2021 sebelum menjadi runner up Australian Open. Dalam jangka waktu lima bulan, ia berhasil mengumpulkan lebih dari 3.000 poin.

Artikel Tag: Tenis, australian open, paris masters, Daniil Medvedev, Rafael Nadal, Novak Djokovic

1196  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini