Casper Ruud Tak Siap Buat Alasan Usai Kekalahan Di French Open

Penulis: Dian Megane
Senin 12 Jun 2023, 08:59 WIB
Casper Ruud Tak Siap Buat Alasan Usai Kekalahan Kedua Di Final French Open

Casper Ruud [kanan] dan Novak Djokovic [kiri] di French Open 2023

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Casper Ruud tetap optimis tentang masa depannya di Grand Slam setelah kalah di final French Open musim 2023 dari Novak Djokovic.

Dewi fortuna belum berpihak kepada petenis berkebangsaan Norwegia yang kalah di final Grand Slam untuk kali ketiga secara beruntun setelah ia kalah tiga set dari Djokovic di French Open musim ini.

Terlepas dari kekalahan tersebut, Grand Slam di Roland Garros telah menjadi Grand Slam yang positif bagi petenis unggulan keempat yang tidak berada dalam performa terbaik menuju Paris musim ini. Tetapi, dua final French Open secara beruntun berakhir dengan kekalahan bagi sang petenis.

“Jadi, ia semacam menekan anda agar mengambil lebih banyak resiko dan itu sulit, karena ketika melawannya, anda ingin mencoba bermain seagresif mungkin, karena jika anda terlalu berlebihan dalam bertahan, ia hanya akan mengontrol permainan, ia akan menempatkan lebih banyak dropshot, dan hanya bermain dari sudut ke sudur,” jelas Ruud.

“Jadi, saya pikir saya memiliki rencana permainan yang cukup apik dan itu bekerja dengan baik di awal. Juga karena ia melakukan beberapa kesalahan. Tetapi ia meningkatkan level permainan, seperti ia tahu bagaimana melakukannya. Bukan untuk kali pertama ia melakukannya. Anda bisa melihat mengapa ia memenangkan 23 gelar Grand Slam dengan bagaimana ia membalikkan keadaan di set pertama dan tampil semakin membaik di set kedua maupun set ketiga.”

“Saya merasa, setiap kali saya bertanding melawan Novak, itu adalah pertandingan besar, jadi, ia termotivasi untuk menang. Saya merasa saya bertanding melawannya dalam banyak kesempatan ketika ia tengah tampil dengan versi dirinya yang terbaik, di mana ia benar-benar fokus dan tidak memberi anda banyak peluang.”

Kekalahan bagi runner up US Open musim 2022 menjadi refleksi bahwa ia masih harus menunggu untuk akhirnya memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya. Ditanya apakah ada yang ia butuhkan untuk ditambah ke dalam timnya agar sukses di Grand Slam, ia menjawab tidak ada dan saat ini bukan waktu untuk membuat alasan.

“Saya rasa mungkin saya belum membutuhkannya saat ini, tetapi kita lihat apa yang masa depan akan suguhkan. Anda tidak pernah tahu. Rasanya bisa selalu baik dengan hal yang baru dan segar dalam permainan anda,” tutur Ruud.

“Itu bukan sesuatu yang terlalu saya pikirkan. Tetapi yang jelas, siapapun yang anda lawan di final Grand Slam, itu adalah petenis yang lihai. Tetapi tiga petenis yang baru saya hadapi di final Grand Slam, adalah Rafa yang saat itu mengejar gelar Grand Slam ke-22, lalu Carlos yang tengah memanas di New York, dan di sini, Novak yang mengincar gelar Grand Slam ke-23. Saya menghadapi petenis yang sangat tangguh.”

“Saya tidak bisa hanya duduk diam dan membuat alasan. Saya pikir ini mungkin final paling penting yang saya lakoni, sejujurnya, karena kali pertama, ya, sangat keren. Tetapi di sini, saya seperti membuktikan bahwa apapun yang terjadi pada musim lalu, bukan sebuah kebetulan.”

“Suatu hari, yang jelas saya akan mencoba memenangkkan gelar Grand Slam. Itu tujuan terbesar saya, mimpi terbesar dalam karier dan hidup saya. Saya sudah begitu dekat, jadi, saya akan terus berlatih dan berusaha memenangkannya suatu hari nanti.”

Terkait hal yang bisa diambil dari French Open musim ini, Ruud menambahkan, “Saya pikir saya belajar bahwa kadang-kadang sesuatu yang baik terasa menekan. Tiba di sini, saya cukup jujur tentang apa yang saya rasakan tekait harus mempertahankan posisi final, apa yang dipertaruhkan, anda kalah lebih awal maka anda kehilangan banyak poin peringkat, dan itu tidak menyenangkan.”

“Saya pikir, hal yang saya pelajari dari lima set terbaik di clay-court, saya akan berusaha menjadi petenis yang sulit untuk dikalahkan. Saya akan berusaha bertahan, melakoni setiap poin dengan cara yang tepat, dan jika saya harus membuatnya menguras energi secara fisik, saya akan melakukannya untuk lawan saya.”

“Saya pikir saya telah belajar bahwa musim lalu bukan hanya kebetulan dan mudah-mudahan saya bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman di sini, di Roland Garros, di masa depan.”

Artikel Tag: Tenis, French Open, Casper Ruud, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/casper-ruud-tak-siap-buat-alasan-usai-kekalahan-di-french-open
659  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini