Bungkam Novak Djokovic, Rafael Nadal Kantongi Gelar Italian Open Kesembilan

Penulis: Dian Megane
Senin 20 Mei 2019, 08:45 WIB
Bungkam Novak Djokovic, Rafael Nadal Kantongi Gelar Italian Open Kesembilan

Rafael Nadal [kanan] unggul Novak Djokovic [kiri] di final Roma musim ini

Berita Tenis: Petenis peringkat 2 dunia, Rafael Nadal sukses mengantongi gelar Italian Open kesembilan dalam kariernya usai menumbangkan petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic.

Setelah berjuang selama 2 jam 25 menit, Nadal memetik kemenangan 6-0, 4-6, 6-1 atas petenis unggulan pertama, Djokovic. Berkat kemenangan kali ini, Nadal mengungguli Djokovic dengan mengoleksi 34 gelar turnamen Masters 1000.

Nadal memasuki final turnamen Masters 1000 ke-50 dalam kariernya demi mengejar gelar pertamanya pada musim ini. Untuk kali pertama sejak musim 2004, petenis berusia 32 tahun, Nadal memasuki Roma tanpa memenangkan satu gelar pun. Dengan performa terbaiknya, Nadal pun mencatatkan 9-2 di final Roma dan memenangkan setidaknya satu gelar dalam satu musim untuk kali ke-16 secara beruntun.

“Hal yang paling berarti bagi saya adalah trofi ini. Roma adalah salah satu turnamen paling penting dalam setiap musimnya. Turnamen ini menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah dunia tenis. Bisa menang lagi di sini adalah hal yang utama,” tutur Nadal.

Djokovic, yang masih unggul dalam head to head melawan Nadal dengan 28-26, bermain dengan baik untuk mengatasi kekalahan set pertama tanpa balas untuk kali pertama sejak perempatfinal French Open musim 2017 (kalah dari Dominic Thiem). Tetapi tampaknya dua tiga set sengit yang ia lalui di perempatfinal mealwan Juan Martin del Potro dan semifinal melawan Diego Schwartzman, mempengaruhi performanya di partai puncak.

“Saya tidak terlalu banyak mempedulikan menang dengan 6-0 atau 6-4. Dari segala aspek, saya bermain dengan baik di set pertama. Tidak ada kesalahan. Bermain dengan sangat agresif dan mengubah arah dengan baik. Hal itu tidak biasa dan mungkin tidak akan terjadi lagi. Set pertama hanya bagian penting dari pertandingan. Set pertama memperlihatkan bahwa saya mampu bermain di level seperti itu,” jelas Nadal.

Terakhir kali kedua petenis bertemu di final Australian Open, Djokovic hanya menghadapi satu break point. Sementara di final Roma kali ini, Nadal menciptakan 17 break point yang terbukti menjadi perbedaan besar.

“Saya senang dengan gelar ini lebih dari memenangkan pertandingan melawan Novak. Saya, terutama sangat senang karena level permainan saya sangat tinggi,” tambah Nadal.

Djokovic memenangkan sembilan dari 11 pertemuan terakhir melawan Nadal, tetapi Nadal tidak menghabiskan banyak waktu untuk merebut keunggulan di Roma. Tampaknya, Nadal yang mengklaim tiga set dengan 6-0 dan tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya ke final, lebih segar dibandingkan Djokovic yang melesatkan sejumlah dropshot kurang meyakinkan sehingga Nada pun lebih mudah untuk menyelesaikan permainannya.

Di sepanjang pekan di Roma, Nadal hanya dipatahkan dua kali, mempertahankan 41 dari 43 service gamenya sendiri, dan mengamankan 13 dari 15 break point yang dihadapinya.

Atas kemenangan ini, Nadal mendapatkan 1000 poin dan hadiah uang sebesar 958.055 Euro, sementara Djokovic menerima 600 poin dan hadiah uang sebesar 484.950 Euro.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Rafael Nadal, Novak Djokovic

1831  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini