Bertarung Selama 6 Jam Di French Open, Ini Reaksi Lorenzo Giustino

Penulis: Dian Megane
Selasa 29 Sep 2020, 20:48 WIB
Lorenzo Giustino berjuang mati-matian demi mengklaim kemenangan di laga pertama French Open 2020

Lorenzo Giustino merayakan kemenangan 6 jam 5 menit atas Corentin Moutet di babak pertama French Open 2020

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Italian, Lorenzo Giustino pastinya akan mengingat kemenangan pertama dalam kariernya di French Open musim 2020.

Petenis berusia 29 tahun menjatuhkan diri ke atas lapangan nomor 14 seakan tidak percaya setelah ia mengklaim kemenangan 0-6, 7-6, 7-6, 2-6, 18-16 atas petenis muda tuan rumah, Corentin Moutet pada laga yang bertahan selama 6 jam 5 menit. Bahkan set penentu sendiri berlangsung selama 3 jam.

“Kemenangan itu berarti banyak bagi saya. Saya pikir saya banyak berkembang dalam dua musim terakhir. Saya mempercayai diri saya sendiri bahwa saya bisa bermain dengan lebih baik daripada sebelumnya,”seru Giustino.

“Saya berusaha mengembangkan kemampuan dan dari semua aspek, aspek mental pastinya menjadi salah satu aspek yang paling saya tingkatkan.”

Pertandingan tersebut hanya terpaut 28 menit dari kemenangan epik Fabrice Santoro atas Arnaud Clement di babak pertama French Open musim 2004 (6 jam 33 menit). Sebelumnya, petenis berkebangsaan Italia dan timnya menyaksikan pertandingan pada hari Minggu (27/09) ketika Jurij Rodionov mengalahkan Jeremy Chardy dengan 10-8 di set kelima, jadi memasuki pertandingan yang panjang tidak sepenuhnya mengejutkan petenis Italia tersebut.

“Hal yang menggelikan adalah kami menyaksikan pertandingan antara Rodionov melawan Chardy, lalu saya mengatakan, ‘Tidak, tidak ada babak tiebreak di set kelima?’,” kenang Giustino.

“Saya mengatakan tidak mungkin. Lalu pelatih saya mengatakan, ‘Kau tahu, kau mungkin akan mencatatkan 12-10 atau sesuatu seperti itu di set kelima’. Saya selalu melakukan hal seperti itu dalam pertandingan saya dan lihat apa yang terjadi. Sungguh menggelikan.”

Petenis berusia 29 tahun membutuhkan babak tiebreak set penentu di babak pertama kualifikasi dan ia memenangkan 7-5 di set ketiga babak kedua kualifikasi.

Statistik terakhir lebih menguntungkan petenis tuan rumah, Moutet yang memenangkan total 242 poin, lebih banyak dibandingkan Giustino yang memenangkan 217 poin. Moutet juga menghasilkan 88 winner, sementara lawan menembakkan 57 winner. Tetapi  petenis berkebangsaan Italia yang membukukan laga babak kedua French Open melawan petenis unggulan ke-12, Diego Schwartzman.

“Perasaan saya, saya tidak tahu. Kami melakoni pertandingan yang benar-benar panjang. Saya tidak merasakan apapun pada tubuh saya. Saya merasa kosong,”aku Giustino.

Ditanya apakah kemenangan epik tersebut akan berdampak buruk terhadap fisiknya, iamenjawab, “Tidak, tidak. Saya merasa sempurna. Besok mungkin saya akan sedikit berlari karena saya pikir saya terlalu segar.”

Petenis peringkat 156 dunia telah melakoni 254 pertandingan di ajang Challenger dan memenangkan satu gelar di ajang tersebut. Kemenangan kali ini menjadi kemenangan kelimanya di turnamen ATP. Awal musim ini ia terkualifikasi di Australian Open sebelum kalah dari Milos Raonic.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Lorenzo Giustino, Corentin Moutet

1135  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini