Bertahan Dari Amukan Coric, Djokovic Melangkah Ke Perempatfinal Di Wina

Penulis: Dian Megane
Kamis 29 Okt 2020, 11:00 WIB
Novak Djokovic melalui laga perempatfinal menantang di Vienna Open 2020

Novak Djokovic siap bersaing demi satu tiket semifinal Vienna Open

Berita Tenis: Borna Coric memaksa Novak Djokovic mengerahkan kemampuan terbaik di set pertama pada laga babak kedua Vienna Open pekan ini.

Namun petenis unggulan pertama berhasil mengatasi Coric dengan permainan pantang menyerah demi melenggang ke perempatfinal di Wina.

Bintang tenis Serbia mengamankan empat set point di set pertama sebelum tancap gas dan menyabet kemenangan 7-6, 6-3 setelah 2 jam 8 melawan petenis berkebangsaan Kroasia, Coric.

Berkat kemenangan tersebut, juara Australian Open musim ini kini semakin berpeluang untuk mengakhiri musim 2020 sebagai petenis peringkat 1 dunia untuk kali keenam dalam kariernya, kecuali Rafael Nadal menerima wildcard untuk turun di Sofia Open. Jika petenis berkebangsaan Serbia memenangkan gelar Vienna Open, maka ia dipastikan akan mengakhiri musim 2020 sebagai petenis peringkat 1 dunia meski Nadal berkompetisi di Sofia.

“Pertandingan itu sangat melelahkan dan menantang. Yang jelas, Borna adalah pejuang yang hebat. Ia teman baik saya. Di luar lapangan, kami mengenal satu sama lain untuk waktu yang cukup lama,” ungkap Djokovic.

“Ia memiliki gaya permainan yang hampir mirip dengan saya. Dari backhand, ia terlihat sangat solid dan ia berusaha untuk menciptakan poin dengan forehandnya. Ia juga servis dengan sangat baik, terutama di set pertama. Sangat sulit bagi saya untuk mengembalikan servisnya.”

Coric memasuki pertemuan kali ini dengan catatan 0-3 melawan petenis peringkat 1 dunia dan kalah di keenam set yang mereka lakoni. Tetapi Coric memperlihatkan performa mumpuni demi mendapatkan empat peluang untuk memenangkan babak tiebreak set pertama, tetapi petenis unggulan pertama tidak membiarkannya merebut set pertama.

“Babak tiebreak kali ini seperti melawan Filip (Krajinovic) di babak sebelumnya, menentukan pertandingan, saya rasa. Saya membaca pengembaliannya pada kedudukan 5/6 di babak tiebreak. Ia menembakkan backhand yang cukup mudah, saya membacanya dan saya menembakkan forehand volley,” jelas Djokovic.

“Hal seperti itu terjadi dan saya benar-benar lega bisa tetap fokus serta memainkan permainan terbaik di waktu yang tepat.”

Coric melewatkan forehand pada peluang set pointnya ketika kedudukan menunjukkan 7/6 dan 8/7 sebelum petenis peringkat 1 dunia mengamankan set point keempat yang ia hadapi pada kedudukan 9/10. Juara Vienna Open musim 2007 keluar dari lubang jarum ketika pengembalian backhand Coric terlalu melebar.

Memasuki set kedua, meski petenis berkebangsaan Kroasia memperlihatkan permainan baseline yang impresif, petenis unggulan pertama secara konsisten menemukan jalan untuk memenangkan poin-poin penting. Ia meningkatkan serangan di set kedua dan mengamankan ketiga break point yang ia hadapi sebelum memastikan diri lolos ke perempatfinal Vienna Open.

Djokovic selanjutnya akan bertanding melawan Hubert Hurkacz atau Lorenzo Sonego demi satu tempat di semifinal Vienna Open.

Artikel Tag: Tenis, Vienna Open, Novak Djokovic, borna coric

606  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini