banner babe

Bawa Pulang Gelar ATP Finals, Stefanos Tsitsipas Cetak Sejarah

Penulis: Dian Megane
Senin 18 Nov 2019, 06:35 WIB
Bawa Pulang Gelar ATP Finals, Stefanos Tsitsipas Cetak Sejarah

Stefanos Tsitsipas

Berita Tenis: Stefanos Tsitsipas mengklaim gelar terbesar dalam kariernya untuk saat ini dan dengan sukses melakukan transisi dari juara Next Gen ATP Finals 2018 menjadi juara ATP Finals 2019.

Petenis unggulan keenam, Tsitsipas berhasil menumbangkan petenis unggulan kelima, Dominic Thiem dengan hasil cukup ketat 6-7, 6-2, 7-6 dalam waktu 2 jam 35 menit di O2 Arena, London.

Di usia menginjak 21 tahun 3 bulan, Tsitsipas menjadi juara ATP Finals termuda sejak mantan petenis peringkat 1 dunia, Lleyton Hewitt (20 tahun) pada musim 2001 di Sydney.

“Saya sama sekali tidak memiliki pentunjuk bagaimana saya bermain dengan begitu baik di set kedua,” seru Tsitsipas.

“Saya pikir pikiran saya tidak terbebani dan saya tidak berpikir terlalu banyak, sehingga membuat saya memperlihatkan performa apik di set kedua, termasuk mematahkannya (Thiem) sebanyak dua kali. Saya tidak memberinya banyak pilihan untuk memainkan permainannya di set kedua. Itu menjadi set yang impresif bagi saya.”

“Rasanya cukup membuat saya frustasi bagi saya bermain dengan ketegangan seperti itu di turnamen sebesar itu untuk kali pertama. Semuanya ditentukan melalui babak tiebreak dan saya sangat lega dengan performa impresif saya dan daya juang yang saya kerahkan di lapangan.”

“Dukungan para penonton juga fenomenal, seperti memiliki sepasukan tantara di belakang saya ketika saya berada di lapangan. Mereka memberi saya begitu banyak energi. Mereka memberi saya kepercayaan bahwa saya bisa mencapai hal yang saya inginkan di atas lapangan. Mereka memotivasi saya. Saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar yang datang ke sini untuk mendukung saya dengan membawa bendera Yunani. Mereka membuat saya seperti berada di rumah.”

Untuk kali keempat secara beruntun, ATP Finals dimenangkan oleh petenis yang pertama kali melakoni partai puncak ATP Finals, setelah Andy Murray (2016), Grigor Dimitrov (2017), dan Alexander Zverev (2018).

Dengan kemenangan tersebut, Tsitsipas yang menerima hadiah uang sebesar 2.656.000 dolar AS dan 1.300 poin, juga menjadi petenis pertama sejak Davd Nalbandian pada musim 2005 yang bangkit setelah kecolongan set pertama dan mengklaim gelar ATP Finals.

Tsitsipas menambahkan gelar ATP Finals dengan gelar yang musim in ia menangkan di Marseille dan Estoril. Ia juga menjadi runner up di Dubai, Madrid, dan Beijing. Ia mengakhiri musim ini dengan 54-25 dan mencatatkan 4-1 di ATP Finals.

Sementara itu, petenis berkebangsaan Austria, Thiem yang mengincar gelar keenamnya pada musim ini, akan mengakhiri musim ini dengan menempati peringkat 4 dunia dengan total mencatatkan 49—19. Di London musim ini, ia mencatatkan 3-2 dan membawa pulang 800 poin serta hadiah uang sebesar 1.302.000 dolar AS.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Stefanos Tsitsipas, Dominic Thiem

919  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini