Bantai Daniil Medvedev, Rafael Nadal Pertahankan Gelar Rogers Cup

Penulis: Dian Megane
Senin 12 Agu 2019, 06:52 WIB
Bantai Daniil Medvedev, Rafael Nadal Pertahankan Gelar Rogers Cup

Rafael Nadal berpose dengan gelar Rogers Cup kelima dalam kariernya

Berita Tenis: Rafael Nadal menjadi petenis dengan gelar turnamen Masters 1000 terbanyak setelah ia memenangkan gelar Rogers Cup yang menjadi gelar turnamen Masters 1000 ke-35 dalam kariernya.

Pencapaian tersebut Nadal raih setelah membantai petenis muda Rusia, Daniil Medvedev, yang melakoni final turnamen Masters 1000 pertama dalam kariernya, dengan hasil cukup meyakinkan 6-3, 6-0 di final Rogers Cup, Montreal.

Nadal, yang tidak melakoni semifinal setelah lawannya, Gael Monfils mundur akibat cedera pergelangan kaki, menghadapi permainan menantang dari Medvedev yang sebelumnya berkoar-koar bahwa ia tidak akan terintimidasi dengan menghadapi Nadal untuk kali pertama dalam kariernya.

Kedua petenis membuat para penonton tercengang dengan memperlihatkan rally dari area baseline yang membutuhkan hingga 24 pukulan dan 32 pukulan di game pembuka saja serta memberikan peluang break point kepada Medvedev.

“Ia (Medvedev) bermain dengan sangat baik di sepanjang pekan. Jadi bagi saya, sangat penting bahwa ia tidak mendapatkan keuntungan di awal pertandingan, karena final selalu sedikit lebih menyulitkan bagi setiap petenis. Saya telah melakoni banyak final. Jadi, saya tahu awal pertandingan akan cukup mengecoh, terutama melawan petenis hebat seperti Medvedev yang bermain dengan penuh percaya diri seperti yang ia perlihatkan di sepanjang pekan,” jelas Nadal yang melakoni final turnamen Masters 1000 ke-51 dalam kariernya.

Namun, Nadal mengamankan break point tersebut dan tidak pernah menghadapinya lagi. Ia menemukan jalan untuk mengunjungi area net lebih sering seiring dengan berjalannya pertandingan serta menyerang dengan forehand yang tinggi dan berat sehingga memukul mundur Medvedev.

Di set kedua, permainan Nadal semakin tak terbendung sampai akhirnya ia memenangkan set kedua tanpa balas.

“Saya pikir saya melakoni pertandingan yang sangat solid, pertandingan terbaik saya di sepanjang pekan,” seru Nadal.

Gelar Rogers Cup kali ini menjadi gelar ketiga Nadal musim ini setelah ia mengklaim gelar di Roma dan Roland Garros. Untuk kali pertama, Nadal berhasil mempertahankan gelar turnamen hard-court.

Dengan memenangkan gelar Rogers Cup untuk kali kelima (2005, 2008, 2013, 2018, 2019), Nadal mencatatkan 5-0 di final Rogers Cup dan dari kelima final tersebut, ia hanya kehilangan satu set ketika melawan Andre Agassi pada musim 2005.

Selain membawa pulang trofi, Nadal berhak menerima 1000 poin dan hadiah uang sebesar 1.049.040 dolar AS, sementara Medvedev mendapatkan 600 poin dan hadiah uang sebesar 531.010 dolar AS.

Artikel Tag: Tenis, Rogers Cup, Rafael Nadal, Daniil Medvedev

714  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini