Bagi Rafael Nadal, Hidup Dengan Cedera Bukan Hal Baru

Penulis: Dian Megane
Jumat 13 Mei 2022, 21:26 WIB
Rafael Nadal pandang cedera bukan sesuatu yang baru

Rafael Nadal di Roma musim 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Rafael Nadal menyatakan ia akan melakukan semua hal, termasuk menemuk dokter di Paris, agar tampil maksimal demi memenangkan French Open meskipun tersingkir dari Italian Open musim 2022 akibat cedera kaki kronis.

Setelah melakoni dua set yang kompetitif melawan Denis Shapovalov, performa petenis berkebangsaan Spanyol tampak jelas menurun sehingga petenis berkebangsaan Kanada  memetik kemenangan 1-6, 7-5, 6-2, kemenangan yang membalikkan kekalahan dari petenis berkebangsaan Spanyol di babak yang sama di Roma musim lalu, ketika petenis berkebangsaan Kanada gagal mengkonversi dua peluang match point.

“Saya kembali merasakan rasa sakit cukup parah pada kaki saya,” ungkap Nadal. “Saya petenis yang hidup dengan cedera, itu bukan sesuatu yang baru. Itu sesuatu yang sudah ada.”

“Sayangnya, hari demi hari saya cukup menyulitkan, sejujurnya, kadang-kadang cukup menyulitkan bagi saya untuk menerima situasi itu. Di pertandingan kali ini, di pertengahan set kedua, hal itu terasa, lalu kondisi itu tidak kondusif bagi saya untuk bermain. Kali ini adalah hari Denis. Selamat untuknya.”

Pekan ini, petenis yang telah sepuluh kali menjuarai Italian Open melakoni turnamen kedua sejak ia mengalami cedera tulang rusuk pada Maret lalu ketika berkompetisi di Indian Wells. Pekan lalu, ia kalah tiga set di perempatfinal Madrid Open dari sang juara, Carlos Alcaraz.

Petenis yang telah mengklaim 36 gelar Masters 1000 merasa sangat putus asa menyelesaikan turnamen lain karena mengalami cedera, meskipun cedera tersebut adalah salah satu cedera yang telah lama menghantuinya.

“Sejak saya kembali berkompetisi, kaki saya cukup bermasalah. Cukup sulit bagi saya untuk berlatih dengan cara yang tepat secara beruntun. Jadi, anda harus bergerak dengan baik untuk berkompetisi di level tertinggi, sesuatu yang tidak mampu saya latih,” tambah Nadal.

“Hal terberat bagi saya kali ini adalah sejujurnya saya mulai merasa diri saya bermain dengan jauh lebih baik. Sesi latihan saya jauh lebih baik, pemanasan, daripada hari sebelumnya.”

Dengan French Open akan digelar pada 22 Mei, juara bertahan Italian Open ditanya apakah kakinya akan mengizinkannya berjuang demi mengklaim gelar French Open ke-14 dalam kariernya.

“Hal yang bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan, saya tidak tahu. Hal yang bisa terjadi dalam satu pekan, saya benar-benar tidak tahu,” jawab Nadal.

“Saat ini adalah waktu untuk menerima situasi dan berjuang. Itu saja. Saya tidak tahu apakah beristirahat, saya tidak tahu  apakah mungkin latihan. Tetapi saya masih memiliki target dalam satu pekan dan beberapa hari. Saya akan tetap bermimpi tentang target itu.”

“Hal pertama yang saya butuhkan adalah tidak merasakan sakit untuk berlatih. Betul bahwa selama French Open, saya akan menemui dokter saya di sana. Hal itu kadang-kadang membantu karena anda bisa melakukan beberapa hal.”

“Pada hari yang positif maupun hari yang negatif, saya harus bertahan dan menghargai semua hal yang terjadi pada saya dengan cara yang positif. Lalu pada hari seperti hari ini, saya hanya harus menerimanya dan berusaha untuk tetap melangkah bahkan jika kadang-kadang hal itu tidak mudah bagi saya.”

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, French Open, Rafael Nadal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/bagi-rafael-nadal-hidup-dengan-cedera-bukan-hal-baru
742  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini