Bagi Novak Djokovic, Olimpiade Tak Seperti Turnamen Lain

Penulis: Dian Megane
Rabu 21 Jul 2021, 17:56 WIB
Novak Djokovic tetap waspadai rival-rivalnya di Olimpiade Tokyo

Novak Djokovic dalam perjalanan mengklaim gelar Wimbledon 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic menyatakan bahwa ia tidak meremehkan ancaman yang akan ia hadapi dari rival-rivalnya jelang Olimpiade Tokyo.

Petenis berkebangsaan Serbia masih mencari medali emas pertama dalam kariernya pada penampilan keempatnya di ajang olahraga empat tahun sekali setelah 2008, 2012, dan 2012. Sejauh ini dalam kariernya, ia baru mengantongi medali perunggu yang ia menangkan pada musim 2008 di nomor tunggal. Ia menjadi satu-satunya petenis dari negaranya yang pernah memenangkan medali ajang olahraga empat tahun sekali setelah negaranya berpisah dengan Yugoslavia pada tahun 1990-an.

Meski kurang sukses di pesta olahraga paling bergengsi tersebut, petenis berusia 34 tahun menuju Tokyo sebagai petenis yang difavoritkan di nomor tunggal putra. Ia telah memenangkan tiga gelar Grand Slam pertama pada musim ini dan saat ini dalam perjalanan mencatatkan Golden Slam, suatu prestasi ketika petenis memenangkan keempat Grand Slam dan medali emas Olimpiade pada musim yang sama, prestasi yang sampai saat ini baru ditorehkan oleh Stefi Graf pada musim 1988.

“Jadwalnya benar-benar berat, tetapi saya merasa persiapan saya cukup baik,” ungkap Djokovic.

“Selain itu, saya memenangkan banyak pertandingan akhir-akhir ini, yang selalu memberi anda tambahan kepercayaan diri dan energi. Bermain demi negara saya, itu adalah kehormatan tertinggi dan keistimewaan bagi saya. Saya atlet individual, sangat jarang kami mendapatkan kesempatan menjadi sebuah tim. Saya bersyukur bahwa kami bisa memenangkan ATP Cup dan Davis Cup, dan saya kini merindukan medali emas Olimpiade. Saya memiliki ambisi tertinggi di Tokyo, bukan rahasia lagi bahwa saya mengincar medali emas.”

Sementara sejumlah petenis kenamaan seperti Roger Federer dan Rafael Nadal akan melewatkan pesta olahraga terbesar di Tokyo, petenis peringkat 1 dunia menyatakan bahwa apa pun bisa terjadi di pesta olahraga tersebut. Sepuluh dari petenis peringkat 20 besar masih akan berpratisipasi, begitupun pemenang medali emas dalam dua edisi terakhir, Andy Murray.

“Meskipun beberapa petenis kenamaan tidak akan datang, masih ada banyak petenis handal yang berjuang demi medali, Daniil Medvedev, Stefanos Tsitsipas, dan Alexander Zverev di antara petenis yang difavoritkan. Mereka petenis terbaik, tetapi itu turnamen yang panjang dan apa pun bisa terjadi,” jelas Djokovic.

“Lebih jauh lagi, Olimpiade memiliki tekanan, ekspektasi, dan emosi yang spesifik. Semuanya berbeda dibandingkan dengan turnamen lain dan saya tahu dengan sangat baik, saya merasakannya sendiri di edisi sebelumnya. Oleh karena itu, saya akan berusaha melihat Olimpiade dengan cara yang sama seperti saya melihat turnamen lain, sehingga saya bisa tetap fokus dengan tujuan saya.”

Artikel Tag: Tenis, olimpiade tokyo, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/bagi-novak-djokovic-olimpiade-tak-seperti-turnamen-lain
618  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini