Ukraina Coba Paksa Komite Paralimpiade Eropa Larang Rusia Ikut Paris 2024

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 25 Okt 2023, 08:05 WIB
Valeriy Sushkevych mengklaim bahwa komentar dari Presiden RPC Pavel Rozhkov dapat membantu membuat Rusia dilarang dari Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Valeriy Sushkevych mengklaim bahwa komentar dari Presiden RPC Pavel Rozhkov dapat membantu membuat Rusia dilarang dari Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Presiden Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Ukraina, Valeriy Sushkevych, berharap dapat mengumpulkan bantuan dari komite paralimpiade nasional lainnya untuk memaksa pelarangan Rusia dan Belarusia mengikuti Paralimpiade Paris 2024.

Sushkevych mengklaim bahwa dirinya telah mendapatkan dukungan yang cukup dari rekan-rekannya untuk memaksa diadakannya Sidang Umum Luar Biasa Komite Paralimpiade Eropa (EPC).

Bulan lalu, Komite Paralimpiade Internasional (IPC) menyatakan bahwa para atlet dari kedua negara tersebut akan diizinkan untuk ambil bagian di Paris 2024 di bawah bendera atlet netral.

"Kita harus memfokuskan semua upaya untuk memastikan bahwa seluruh dunia Paralimpiade yang beradab tidak mengizinkan apa yang disebut prosedur netralitas, yang mengizinkan para pembunuh, pemerkosa, dan mereka yang mendukung pembunuhan dan kekerasan, untuk mengikuti ajang Paralimpiade Paris 2024," ujar Sushkevych, seperti dilansir dari Suspilne.

"Kami telah menggabungkan kuota yang diperlukan dari negara-negara Eropa, yang mengharuskan diadakannya Sidang Umum Luar Biasa Komite Paralimpiade Eropa, di mana isu-isu yang berkaitan dengan prosedur untuk mengakui netralitas Rusia harus diselesaikan.

"Dan setelah Rusia mengakui bahwa mereka mempengaruhi Komite Paralimpiade Internasional, adalah mungkin untuk mengadakan Sidang Umum IPC untuk memutuskan penghapusan Komite Paralimpiade Rusia dari partisipasi dalam di Paralimpiade Paris 2024.

Sushkevych merujuk pada komentar Presiden Komite Paralimpiade Rusia Pavel Rozhkov baru-baru ini.

Rozhkov menyatakan bahwa "inisiatif dan kerja Presiden Rusia (Vladimir Putin) dengan negara-negara di Asia dan Afrika memiliki dampak sangat besar (terhadap keputusan IPC)," seperti yang dilaporkan oleh Suspilne.

Sushkevych juga mengklaim bahwa permohonannya kepada pimpinan EPC untuk mengadakan Sidang Umum telah ditandatangani oleh NPC Latvia, Denmark, Jerman, Finlandia, Polandia, Georgia, Lituania, Estonia, Inggris dan Swedia.

Dia juga menyatakan bahwa Latvia telah menawarkan untuk menyediakan tempat, dengan pemerintah negara tersebut menawarkan bantuan akhir.

Sushkevych mengharapkan Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada, dan NPC Amerika Serikat untuk bergabung dengan posisinya.

Selain meminta Presiden Ukraina Volodmyr Zelenskyy untuk membantu, Sushkevych mendesak pemimpin IPC, Andrew Parsons, untuk mencegah RPC berbicara dengan Komite Paralimpiade Asia.

"Saya menuntut agar konstitusi IPC dihormati dan Presiden RPC tidak diizinkan untuk berkomunikasi dengan anggota komunitas Paralimpiade internasional lainnya, khususnya di kawasan Asia.

"Selain itu, saya sangat berharap bahwa Presiden IPC sendiri tidak akan melakukan komunikasi dengan pemimpin RPC, yang tidak termasuk dalam keluarga Paralimpiade internasional."

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/ukraina-coba-paksa-komite-paralimpiade-eropa-larang-rusia-ikut-paris-2024
634  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini