Solideo Redam Kekhawatiran Tentang Kesiapan Venue Paris 2024

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 27 Okt 2023, 13:30 WIB
Grand Palais menjadi tempat yang paling dikhawatirkan dari semua tempat yang dipersiapkan untuk Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Grand Palais menjadi tempat yang paling dikhawatirkan dari semua tempat yang dipersiapkan untuk Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Solideo, perusahaan penyedia jasa konstruksi Paris 2024, meredam kekhawatiran tentang kesiapan venue setelah Komite Keuangan Senat Prancis menunda pemungutan suara untuk pembayaran Olimpiade dan Paralimpiade tahun depan.

Komite tersebut menyatakan kekhawatiran perihal pelaksanaan proyek-proyek tertentu dan menginginkan "informasi yang lebih tepat" tentang keseluruhan biaya Olimpiade dan jadwal pekerjaan.

Anggota Komite Eric Jeansannetas, seorang pelapor khusus untuk masalah ini, memperingatkan "risiko membebani" jadwal pengiriman pekerjaan Olimpiade.

Dia mengatakan peralatan yang menurut dokumen anggaran akan diterima tahun ini sekarang telah diundur ke tahun 2024. Ini termasuk di tempat-tempat seperti Stade de France, Arena Porte de la Chapelle, Grand Palais, Kampung Atlet, dan marina untuk berlayar di Marseille.

Grand Palais, yang akan menjadi tuan rumah anggar dan taekwondo, diklaim menghadapi "penundaan yang signifikan" dan merupakan "kekhawatiran terbesar", menurut Jeansannetas.

Menurut Jeansannetas, keamanan dan transportasi adalah area lain yang perlu ditangani. "Kemungkinan negara harus memobilisasi pasukan keamanan internal, cadangan operasional polisi dan gendarmerie, serta militer," katanya.

"Biaya keseluruhan yang berkaitan dengan transportasi juga belum diketahui. Tinjauan lengkap mengenai dampak pembebasan pajak yang diberikan kepada Olimpiade terhadap anggaran negara juga belum ditetapkan."

"Ketidakpastian ini sangat disesalkan, saat kita mencapai tahap akhir persiapan Olimpiade," kata Jeansannetas, seraya menyatakan bahwa situasinya "tidak meyakinkan" karena penundaan bisa berarti biaya tambahan.

Solideo mengklaim, bahwa dari 70 bangunan dan lokasi yang menjadi tanggung jawabnya, tidak ada "perubahan dalam tanggal penyerahan kontrak dengan pihak penyelenggara".

"Kami tidak mengalami penundaan dalam hal konstruksi," demikian pernyataan Solideo. "Kami memiliki tahapan yang berbeda antara penerimaan lokasi - yang berarti akhir dari pekerjaan konstruksi - dan pengiriman ke penyelenggara, yang akan dilakukan kemudian. Dan hal inilah yang mungkin dapat menimbulkan kebingungan."

Menurut Jeansannetas, biaya yang berkaitan dengan keamanan dan transportasi juga belum diketahui.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung antara 26 Juli dan 11 Agustus, diikuti oleh Paralimpiade Paris 2024 dari 28 Agustus hingga 8 September.

Paris dianugerahi sebagai tuan rumah Olimpiade pada Sesi IOC ke-131 di Lima, Peru, pada 13 September 2017.

Setelah beberapa kali pengunduran diri yang menyisakan hanya Paris dan Los Angeles yang bersaing, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyetujui proses untuk memberikan Olimpiade Musim Panas 2024 dan 2028 secara bersamaan kepada kedua kota tersebut.

Setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 1900 dan 1924, Paris akan menjadi kota kedua (setelah London) yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas sebanyak tiga kali.

Menandai ulang tahun keseratus Paris 1924, Olimpiade ini akan menjadi yang keenam yang diselenggarakan oleh Prancis (tiga di musim panas dan tiga di musim dingin), dan Olimpiade Prancis pertama sejak Olimpiade Musim Dingin 1992 di Albertville.

Setelah Paris 2024, Olimpiade Musim Panas akan kembali ke siklus Olimpiade tradisional empat tahunan, karena Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo ditunda selama satu tahun akibat pandemi COVID-19.

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/solideo-redam-kekhawatiran-tentang-kesiapan-venue-paris-2024
620  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini