Penyidik Eric Cottier Dukung Penanganan Kasus Perenang China Oleh WADA

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 11 Jul 2024, 19:35 WIB
Eric Cottier adalah seorang jaksa penuntut Swiss yang dipilih WADA sendiri untuk melakukan penyelidikan. (Foto: AFP)

Eric Cottier adalah seorang jaksa penuntut Swiss yang dipilih WADA sendiri untuk melakukan penyelidikan. (Foto: AFP)

Ligaolahraga.com -

Eric Cottier, seorang penyelidik yang juga jaksa penuntut Swiss, mendukung penanganan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) atas kasus doping yang melibatkan 23 perenang China.

Dia sekaligus menerbitkan catatan yang menyoroti direktur sains WADA sendiri yang menyatakan keraguannya atas penjelasan China mengenai bagaimana para atlet tersebut mengalami kontaminasi.

WADA merilis laporan sementara pada hari Selasa (10/7) dari Cottier, yang dipilih WADA sendiri untuk penyelidikan, menyimpulkan bahwa ia tidak menemukan bukti bahwa WADA menunjukkan keberpihakan kepada China dalam penanganan kasus tersebut.

Eric Cottier juga mengatakan bahwa WADA membuat keputusan yang "masuk akal" dengan mengambil keputusan dari pihak berwenang di China yang menetapkan bahwa para perenang tersebut menelan obat jantung yang dilarang, yang residunya ditemukan di dapur hotel tempat para atlet menginap.

Sebelas perenang yang dinyatakan positif diizinkan untuk tetap berkompetisi setelah WADA memilih tidak melanjutkan kasus ini pada 2021 dan sekarang dijadwalkan untuk berenang di Olimpiade Paris mulai akhir bulan ini.

Dalam lampiran laporan sementara, Eric Cottier menggambarkan kepala ilmuwan WADA Olivier Rabin tidak dapat mengesampingkan skenario kontaminasi, dan karenanya dihadapkan pada "tidak ada solusi lain selain menerimanya, meskipun ia terus memiliki keraguan tentang realitas kontaminasi seperti yang dijelaskan oleh pihak berwenang China."

Keraguan apa pun yang dia miliki, kata Rabin dalam rilis berita yang menyertai laporan itu, tidak cukup untuk memberi WADA kesempatan yang masuk akal untuk memenangkan banding atas keputusan China.

"Dalam kasus ini, terlepas dari keraguan kami, tinjauan menyeluruh terhadap semua fakta yang dapat diverifikasi dari kasus ini tidak menunjukkan adanya bukti yang menentang skenario kontaminasi," kata Rabin. "Sebaliknya, semua bukti yang tersedia menunjukkan bahwa kontaminasi tanpa kesalahan versus konsumsi yang disengaja."

Presiden WADA Witold Banka mengatakan bahwa penyelidikan Eric Cottier mengonfirmasi "bahwa tidak ada ketidakwajaran yang terkait dengan penanganan WADA atas kasus ini."

Dia mengatakan langkah selanjutnya dari badan tersebut adalah bertemu dengan penasihat hukum eksternal untuk melihat "tindakan apa yang dapat diambil terhadap mereka yang telah membuat tuduhan yang tidak benar dan berpotensi memfitnah."

"Tuduhan-tuduhan ini telah sangat merusak reputasi WADA dan keyakinan serta kepercayaan yang dimiliki oleh para atlet dan pemangku kepentingan lainnya terhadap badan ini dan terhadap sistem anti-doping global," kata Banka.

Pada bulan April, lembaga penyiaran Jerman ARD dan The New York Times mengungkapkan keberadaan kasus-kasus tersebut dan cara penanganannya.

Hal tersebut membuat WADA menunjuk Cottier untuk mengeksplorasi dua pertanyaan: Apakah ada bias terhadap China yang membuat WADA tidak melanjutkan kasus ini, dan apakah keputusan WADA untuk tidak mengajukan banding atas penjelasan pihak berwenang China mengenai kontaminasi adalah keputusan yang masuk akal?

Para kritikus menyebut investigasi tersebut tidak dapat diandalkan karena fokusnya terlalu sempit dan dilakukan oleh penyelidik yang dipilih sendiri oleh WADA.

Salah satu kritikus terbesar WADA, CEO Badan Anti-Doping AS Travis Tygart, mengatakan bahwa meskipun laporan Cottier menjawab beberapa pertanyaan, masih banyak pertanyaan lain yang masih tersisa - yaitu, mengapa WADA tidak membuka penyelidikannya sendiri mengenai fakta-fakta dasar kasus ini dan tidak hanya menerima begitu saja pernyataan China mengenai sumber kontaminasi.

"Sejak awal, tujuan kami adalah mengungkap kebenaran dan fakta-fakta dari situasi ini demi atlet yang bersih," kata Tygart. "Sampai pimpinan WADA memiliki tujuan yang sama dan berhenti memuntahkan kata-kata pedas pada setiap suara yang berbeda pendapat, tidak akan ada kepercayaan pada sistem anti-doping global."

Eric Cottier akan memberikan laporan lengkap akhir tahun ini yang akan berisi rekomendasi tentang prosedur WADA dan kode anti-doping dunia.

Artikel Tag: Eric Cottier

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/penyidik-eric-cottier-dukung-penanganan-kasus-perenang-china-oleh-wada
120  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini