Mendagri Prancis Janjikan Keamanan Naik “10 Kali Lipat” untuk Paris 2024

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 31 Okt 2023, 09:20 WIB
Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin (tengah) menjanjikan peningkatan "sepuluh kali lipat" dari tingkat keamanan Piala Dunia Rugby untuk Paris 2024. (Foto: Inside the Games)

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin (tengah) menjanjikan peningkatan "sepuluh kali lipat" dari tingkat keamanan Piala Dunia Rugby untuk Paris 2024. (Foto: Inside the Games)

Ligaolahraga.com -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prancis Gerald Darmanin menjanjikan keamanan untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 akan jauh lebih ditingkatkan dari yang diterapkan pada Piala Dunia Rugby.

Keamanan merupakan area utama yang menjadi perhatian utama dalam persiapan menuju Olimpiade dan Paralimpiade di Paris, terutama rencana Upacara Pembukaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni digelar di sepanjang sungai Seine yang disaksikan oleh 600.000 penonton.

Penanganan yang kacau pada final Liga Champions tahun lalu di Stade de France, salah satu tempat utama untuk Paris 2024, menimbulkan kekhawatiran serius terkait kemampuan Prancis untuk menyelenggarakan Olimpiade dengan aman.

Darmanin dan Menteri Olahraga Amelie Oudea-Castera awalnya coba menyalahkan pendukung sepak bola Liverpool setelah insiden tersebut, tetapi penyelidikan resmi kemudian membebaskan mereka.

Sebuah laporan menyatakan bahwa Darmanin dan Oudea-Castera yang coba melempar tanggung jawab kepada para penggemar Inggris sebagai hal yang "tercela".

Meskipun ada beberapa masalah dengan manajemen kerumunan pada pertandingan-pertandingan awal dan dengan transportasi, selama tujuh pekan gelaran Piala Dunia Rugby di Prancis yang berakhir pada Sabtu (28/10) dengan Afrika Selatan mengalahkan Selandia Baru di final di Stade de France, dipuji sebagai kesuksesan besar.

Darmanin melaporkan 11.000 anggota polisi dan sekitar 3.000 petugas polisi kota dikerahkan setiap hari selama Piala Dunia Rugby, tetapi dikutip oleh L'Équipe yang menjanjikan peningkatan "sepuluh kali lipat" dalam mekanisme keamanan untuk memastikan keamanan Paris 2024 dan Upacara Pembukaan.

"Kementerian Dalam Negeri akan siap untuk menyelenggarakan Upacara Pembukaan, untuk memastikan keamanan penonton dan tim," katanya. "Kami akan berada di sana dengan sempurna untuk Olimpiade di Paris."

Menteri juga mengungkapkan bahwa sekitar 20 "drone berbahaya" telah dinetralisir selama dua bulan terakhir. Serangan drone merupakan bentuk ancaman baru yang diprediksi akan terjadi pada Upacara Pembukaan.

Upacara Pembukaan Olimpiade dijadwalkan pada 26 Juli 2024, dengan Komite Olimpiade Internasional memprediksi bahwa upacara ini akan menandai "Olimpiade era baru".

Artikel Tag: paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/mendagri-prancis-janjikan-keamanan-naik-10-kali-lipat-untuk-paris-2024
1024  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini