Langkah Unik Jepang Produksi Medali Untuk Olimpiade Tokyo 2020

Penulis: Viggo Tristan
Minggu 01 Agu 2021, 21:22 WIB
Langkah unik Jepang dalam produksi medali Olimpiade Tokyo 2020.

Jepang pakai metode unik dalam produksi medali untuk Olimpiade Tokyo 2020. (Gambar: News in 24)

Ligaolahraga.com -

Berita Olimpiade Tokyo : Jepang benar-benar kreatif dalam mengakali segala sesuatunya di kehidupan mereka. Untuk memproduksi medali Olimpiade Tokyo 2020 kali ini, mereka menggunakan metode unik tetapi luar biasa.

Metode itu adalah dengan menggunakan bahan daur ulang. Jepang sendiri terkenal sebagai negara yang memiliki industri elektronik cukup besar di dunia. Hampir semua produk-produk elektronik ternama berasal dari Negeri Sakura itu. Sadar bahwa limbah pabrik elektronik yang dihasilkan cukup banyak, maka limbah tersebut dikumpulkan sebagai bahan campuran dari medali.

Kampanye dilakukan oleh pihak penyelenggara Olimpiade untuk mengumpulkan limbah elektronik dari segala penjuru jepang. Masyarakat juga diminta keaktifannya untuk membantu program tersebut.

"Kampanye tersebut meminta masyarakat untuk menyumbangkan perangkat elektronik usang untuk proyek tersebut. Kami berterima kasih atas kerja sama semua orang," ucap Hitomi Kamizawa selaku juru bicara Olimpiade Tokyo kali ini.

Langkah mengumpulkan bahan daur ulang itu juga tidak berlangsung sebentar. Butuh waktu sekitar 2 tahun untuk mengumpulkan bahan yang cukup dalam memproduksi medali untuk ajang Olimpiade. Secara keseluruhan, kampanye pengumpulan limbah elektronik tersebut menghasilkan 32 kilogram emas, 3.439 kilogram perak, dan 2.200 perunggu. Semua limbah elektronik tersebut didapatkan dari perangkat-perangkat lawas seperti handphone kecil dan laptop yang sudah usang.

Kecerdasan Negeri Sakura ini harus jadi contoh pembelajaran bagi Indonesia ataupun negara-negara lain yang ingin menjadi tuan rumah Olimpiade. Mereka harus mencari cara cerdas agar bisa mengakali segala sesuatunya.

Artikel Tag: olimpiade tokyo, jepang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/langkah-unik-jepang-produksi-medali-untuk-olimpiade-tokyo-2020
661  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini