Indonesia Masih Kokoh di Tiga Besar Klasemen Perolehan Medali Sea Games

Penulis: Dayat Huri
Sabtu 21 Mei 2022, 22:30 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali mengapresiasi keberhasilan Indonesia bertengger di posisi tiga besar klasemen sementara Sea Games

Menpora RI, Zainudin Amali/foto dok Kemenpora RI

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Dua hari jelang penutupan Sea Games Vietnam 2021, Indonesia masih kokoh menghuni posisi tiga besar klasemen sementara daftar perolehan medali. Sampai Sabtu (21/5) pukul 18.00 WIB, tim Merah putih berhasil merebut 189 medali. Rinciannya, 54 emas, 72 perak, dan 63 perunggu.

Raihan medali itu menempatkan Indonesia duduk di peringkat tiga di bawah tim tuan rumah yang sudah dipastikan keluar sebagai juara umum dengan raihan total 361 medali. Rinciannya, 164 emas, 97 perak, dan 100 perunggu. Jumlah itu unggul jauh dari penghuni peringkat dua, Thailand yang telah mengoleksi 68 medali emas, 78 perak, dan 110 perunggu.

Untuk peringka empat sendiri saat ini duhuni Filipina dengan total 47 medali emas, 65 perak, dan 98 perunggu. Jumlah emas yang sama juga dikumpulkan Singapura, namun mereka kalah dari jumlah medali perak sehingga harus puas duduk di posisi lima.

Melihat pergerakan medali pada Sea Games Vietnam 2021 ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengaku cukup bangga atas keberhasilan kontingen Indonesia menduduki peringkat tiga besa.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa menduduki posisi tiga besar bukanlah target yang dipatok pihaknya karena tujuan utamanya adalah meraih prestasi terbaik pada Olimpiade.

"Memang sementara kita sekarang ada di tiga besar, dan sebenarnya ini adalah bukan target. Karena dari awal target kita adalah Olimpiade," kata Amali seperti dikutip dari laman Kemenpora.

Amali juga menyampaikan, keberhasilan kontingan Indonesia yang sampai saat ini masih berada di peringkat tiga besar klasemen sementara merupakan bukti bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang mulai diterapkan sekarang sudah berjalan di track yang benar.

"Alhamdulilah dengan keberangkatan atlet yang jumlahnya sekarang lebih sedikit bahkan, hampir separuh dari Sea Games sebelumnya, kita sementara berada di peringkat tiga. Ini membuktikan kerja tim review berhasil dan DBON kita sudah berada di track yang benar," ujarnya mengakhiri.

Artikel Tag: Indonesia, Sea Games, amali

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/indonesia-masih-kokoh-di-tiga-besar-klasemen-perolehan-medali-sea-games
2139  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini