IAAF Resmi bekukan Atletik Rusia

Penulis: Rio
Jumat 27 Nov 2015, 02:18 WIB
IAAF Resmi bekukan Atletik Rusia

Bendera Kebesara Atletik Rusia

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Federasi Atletik Internasional (IAAF) memberikan sanksi sementara berupa pembekuan status keanggotaan Federasi Atletik Rusia (VFLA) akibat skandal doping yang terjadi di atletik Rusia dua pekan lalu dan membuat semua lini atletik di rusia tak boleh dijalankan.

VFLA akhirnya secara resmi dibekukan oleh IAAF dan seluruh atletnya dihukum tak boleh berkompetisi di turnamen atletik apa pun di seluruh dunia. VFLA pun menyatakan tak akan melakukan banding atas hukuman tersebut dan tetap menerima hukuman itu, dan VFLA menyatakan akan bekerja sama penuh dengan IAAF. Dilansir Juara,net

Sanksi yang diberikan oleh IAAF ini mengakibatkan seluruh atlet atletik Rusia tak boleh tampil di Olimpiade Rio 2016 dan seluruh turnamen atletik yang akan digelar di mana pun di belahan dunia ini. Karena itu, VFLA memilih bekerja sama dengan IAAF untuk mengungkap kasus doping ini demi masa depan para atlet atletik Rusia yang ingin tampil di Olimpiade 2016 dan Kejuaraan Dunia Atletik Indoor yang juga digelar tahun depan.

IAAF menulis pernyataan bahwa pihaknya menerima surat resmi dari VFLA yang berisi bahwa Rusia menerima hukuman tersebut dan tak akan mengajukan banding atau sidang dengar pendapat tentang kasus ini. Selanjutnya, VFLA juga memahami bahwa dewan IAAF akan membahas mengenai status keanggotaan VFLA di IAAF setelah mendapatkan rekomendasi dari tim inspeksi IAAF.

Kasus ini bermula saat IAAF mendapatkan rekomendasi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) tentang skandal doping yang terjadi di atletik Rusia. WADA memberikan laporan bahwa doping di atletik Rusia itu didukung oleh pemerintah dan para peraih medali Rusia di Olimpiade London 2012 juga tak lepas dari doping.

IAAF rencananya akan segera mengumumkan kriteria apa saja yang wajib dipenuhi oleh VFLA untuk bisa mengaktifkan kembali statusnya sebagai anggota IAAF.

 

Artikel Tag: IAAF, VFLA, Olimpiade Rio 2016

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/iaaf-resmi-bekukan-atletik-rusia
789  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini