Francine Niyonsaba Cetak Rekor Dunia Lari 2000m

Penulis: Ezi Yulia
Kamis 16 Sep 2021, 14:00 WIB
Francince Niyonsaba

Francince Niyonsaba (Foto: theguardian.com)

Ligaolahraga.com -

Pelari asal Burundi Francine Niyonsaba mencetak rekor dunia baru lari 2000m pada Continental Tour Gold di Zagreb. Ia menorehkan waktu lima menit 21,56 detik, dua detik lebih cepat dari rekor yang dibuat Genzebe Dibaba di dalam ruangan pada 2017.

Niyonsaba adalah peraih medali perak Olimpiade di nomor lari 800m. Namun ia beserta beberapa atlit lainnya dilarang tampil di nomor antara 400m dan 1500m karena memiliki kadar testosteron yang tinggi secara alami. Bagaimana pun ia tetap terus mengikuti kompetisi di nomor lain sehingga bisa menginspirasi orang lain.

Peraturan yang ditetapkan oleh badan pengatur Atletik Dunia pada 2019 telah mengubah jalan karirnya, namun ia berhasil menunjukkan kegemilangan di nomor-nomor jarak jauh. Rekor dunianya, yang juga memecahkan rekor luar ruangan yang dibuat sebelumnya oleh Sonia O'Sullivan dari Irlandia pada tahun 1994, dicetak seminggu setelah memenangi nomor 5000m pada Diamond League di Zurich.

Pada Olimpiade Tokyo lalu, ia berhasil finis kelima pada nomor 10000m tetapi kemudian didiskualifikasi karena pelanggaran jalur. Kemudian di musim panas, ia menjadi wanita tercepat kelima sepanjang masa di nomor 3000m.

Lari nomor 2000m belum pernah diadakan pada Olimpiade atau Kejuaran Dunia, tetapi sering dikompetisikan pada pada acara track and field. Pelari Morocco El Guerrouj adalah pemegang rekor dunia putra untuk nomor tersebut yang dipecahkannya pada 1999.

Artikel Tag: Francine Niyonsaba

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/francine-niyonsaba-cetak-rekor-dunia-lari-2000m
606  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini