Federasi Hoki Internasional (FIH) Rayakan Ulang Tahun Seabad

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 09 Jan 2024, 10:00 WIB
FIH kini beranggotakan 140 negara dan olahraga hoki sudah disertakan dalam 24 edisi Olimpiade. (Foto: Inside The Games)

FIH kini beranggotakan 140 negara dan olahraga hoki sudah disertakan dalam 24 edisi Olimpiade. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Federasi Hoki Internasional (FIH) merayakan seratus tahun berdirinya pada 7 Januari di Lausanne, Swiss, meskipun olahraga ini memiliki sejarah yang jauh lebih panjang, dengan partisipasi Olimpiade yang dimulai sejak London 1908.

Hari Minggu lalu merupakan hari istimewa bagi keluarga hoki global. Abad pertama keberadaan adalah alasan untuk merayakan federasi yang lahir di Paris, Prancis, pada 7 Januari 1924.

Para sejarawan mengatakan bahwa olahraga ini telah ada selama ribuan tahun, dengan praktik dokumentasi di Iran kuno, Etiopia, Mesir, dan Yunani, tetapi baru pada 1876 aturan resmi dibuat. Setelah beberapa Olimpiade, dasar-dasar diletakkan dengan disahkannya sebuah undang-undang di ibu kota Prancis pada 7 Januari 1924.

Pada saat itu, Paul Leautey mendirikan organisasi ini, dengan anggota awal berasal dari Austria, Belgia, Cekoslowakia, Prancis, Hungaria, Spanyol, dan Swiss.

Pengabaian Olimpiade Paris 1924 mungkin menjadi pemicu bagi organisasi ini untuk mengambil bentuknya saat ini dan bukan hanya sebagai olahraga yang dipraktikkan di bawah aturan yang bulat tanpa unifikasi asosiatif.

Di dekade yang sama, hoki wanita juga semakin populer, dan pada 1927, Federasi Internasional Asosiasi Hoki Wanita (IFWHA) dibentuk. Baru ketika kedua badan pengatur pria dan wanita merayakan jubileum emas mereka, mereka bergabung membentuk FIH saat ini pada tahun 1982.

Kejuaraan dunia hoki pertama untuk pria diadakan di Spanyol pada 1971, dimenangkan oleh Pakistan, dan kejuaraan dunia hoki pertama untuk wanita diadakan di Prancis pada 1974, dimenangkan oleh Belanda. Hoki wanita dimasukkan ke dalam program Olimpiade pada 1980, di mana Zimbabwe meraih medali emas.

Rumput sintetis pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade 1976 di Montreal dan telah menggantikan rumput alami dalam sebagian besar acara, khususnya kompetisi tingkat internasional dan elit.

Piala Dunia Hoki Indoor pertama diadakan pada 2003 di Leipzig, Jerman, dan format terbaru, Hockey5s, ditambahkan ke dalam program pada Olimpiade Pemuda 2014 di Nanjing, China.

FIH terus berkembang, dari tujuh anggota asli pada tahun 1924 menjadi 140 hari ini, mewakili semua lima benua. Hoki telah disertakan dalam 24 edisi Olimpiade dan Piala Dunia Hoki Pria dan Wanita telah diadakan sebanyak 15 kali.

Menyambut seratus tahun Federasi Hoki Internasional, Presiden IOC Thomas Bach mengatakan: "Pada peringatan yang signifikan ini, Anda dapat melihat kembali dengan bangga pada 100 tahun kemajuan luar biasa."

Presiden FIH, Tayyab Ikram, menyatakan kepuasannya dengan pencapaian 100 tahun pertama: "Hari ini kita berdiri di ambang sejarah, menandai 100 tahun dedikasi, semangat, dan pertumbuhan di dunia hoki. Ini bukan hanya perayaan; ini adalah peringatan seratus tahun ketahanan, kemajuan, dan semangat tak tergoyahkan dari komunitas hoki," ujar presiden yang lahir di Macau.

Artikel Tag: FIH

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/federasi-hoki-internasional-fih-rayakan-ulang-tahun-seabad
448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini