Zarco Sebut Lorenzo Tunda Pengumuman Pensiun Demi Uang

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 18 Feb 2020, 10:58 WIB
Zarco Sebut Lorenzo Tunda Pengumuman Pensiun Demi Uang

Johann Zarco dan Jorge Lorenzo.

Berita MotoGP: Johann Zarco menyebut Jorge Lorenzo memilih menunda pengumuman pensiunnya sampai akhir agar tak kehilangan uang dari Honda.

Zarco dan Lorenzo sama-sama membuat keputusan yang berat dalam kariernya. Sama-sama tampil buruk, mereka juga memutuskan mengakhiri kontraknya lebih awal dengan timnya masing-masing.

Zarco yang punya kontrak selama dua musim bersama KTM memilih mengakhiri kontrak di musim pertamanya, bahkan tim asal Austria itu juga langsung melepasnya meskipun musim MotoGP 2019 belum berakhir.

Sementara Lorenzo yang tampil bersama tim juara, Repsol Honda, malah tak bisa menunjukkan performa yang kompetitif. Bahkan ia tak pernah sekalipun masuk posisi sepuluh besar. Sang juara dunia MotoGP tiga kali ini akhirnya memilih pensiun.

Kini, Zarco bergabung dengan Reale Avintia Racing dan Ducati, dan Lorenzo kembali ke Yamaha sebagai test rider.

Meski jadi test rider, Lorenzo santer dikabarkan bakal turun balapan sebagai rider wildcard tahun ini, dan bahkan diisukan bisa kembali balapan secara penuh tahun depan.

Kabar ini memunculkan rumor lain, bahwa Lorenzo hanya menjadikan cedera punggungnya sebagai alasan untuk hengkang dari Repsol Honda demi kembali ke Yamaha, yakni pabrikan yang mengantarnya meraih juara dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Zarco pun juga meragukan niat Lorenzo untuk pensiun. Menurut dua kali juara dunia Moto2 ini, Lorenzo sengaja mengumumkan pensiun tepat di seri terakhir tahun lalu, yakni di Valencia, hanya demi mempertahankan gaji dari tahun pertamanya di Honda.

"Entah apa Jorge memang jujur kepada Honda. Tapi saya rasa ia lebih takut kehilangan uang ketimbang saya. Saya rasa itu alasan dia menunggu begitu lama sebelum akhirnya mengumumkan pensiun. Tapi saya tak punya jalan pikiran yang sama dengannya," tutur Zarco kepada Marca.

Zarco sendiri kabarnya digaji 1,5 juta euro di KTM, namun ia menolak tergiur gaji tinggi jika tak bisa tampil kompetitif di atas motor RC16. Hal ini yang membuatnya begitu legawa hengkang lebih awal dari pabrikan Austria itu. Menurutnya, inilah perbedaan terbesarnya dengan Lorenzo.

"Saya lebih tak peduli uang jika dibanding Jorge. Saya sendiri harus pinjam uang untuk rumah saya, sementara ia tinggal di negara di mana ia tak bayar pajak, atau mungkin bayar tapi sedikit," ungkap Zarco kepada Lorenzo yang memilih tinggal di Lugano, Swiss.

"Saya sendiri tinggal di Prancis, bayar pajak, dan punya utang. Saya punya lebih banyak alasan untuk lanjut (dengan KTM) demi uang, tapi saya memilih tidak," pungkas rider berusia 29 tahun.

Artikel Tag: Johann Zarco, motogp 2020, Jorge Lorenzo

504  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini