Yamaha Percaya Bisa Berjaya di MotoGP Meski Tanpa Tim Satelit

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 11 Okt 2022, 15:35 WIB
Yamaha, RNF Racing, Cal Crutchlow

Cal Crutchlow

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Project Manager Yamaha Kazutoshi Seki, berusaha melihat sisi positif dari perpisahan mereka dengan tim satelit RNF Racing pada kejuaraan MotoGP 2023.

Yamaha akan menurunkan dua kuda besi saja pada MotoGP 2023. Ini menyusul keputusan tim satelit mereka, RNF Racing, yang bekerja sama dengan Aprilia.

Dengan pabrikan Noale akhirnya memiliki tim kedua dan Suzuki yang angkat kaki dari MotoGP di akhir musim 2022, maka Yamaha menjadi satu-satunya pabrikan di grid yang turun di musim 2023 tanpa tim satelit. Sementara Ducati tetap bekerja sama dengan tiga tim dan menurunkan total delapan motor Desmosedici GP.

Ini membuat Ducati sukses menjuarai titel konstruktor MotoGP 2022 dengan masing-masing tim pelanggan berhasil membukukan podium, sembari memberikan banyak data di setiap perlombaan.

Yamaha tentu saja tak ingin selamanya berkompetisi di kelas premier tanpa tim satelit, tetapi pabrikan asal Jepang itu tak melihat situasi ini sebagai masalah besar. Mereka pun berusaha mengambil sisi positif.   

“Ini menjadi kali pertama (tanpa tim satelit), tetapi kami mencoba untuk mengubah situasi menjadi peluang yang baik guna meningkatkan organisasi kami untuk pengembangan,” kata sang Project Manager Tim, Kazutoshi Seki, dikutip dari Motorsport.com.

“Saya kira kami harus memikirkan kembali banyak hal dan kami akan mencoba membuat progres. Tentu memiliki tim satelit adalah sesuatu yang penting bagi kami, dan tidak hanya itu, penting juga untuk industri MotoGP,” ia mengimbuhkan.

“Namun, setelah periode tanpa tim satelit, mungkin kami akan bisa kembali dengan sesuatu yang baru, (menjadi lebih kuat) dengan pengalaman seperti ini,” lanjutnya.

Rider andalan pabrikan asal Iwata, Fabio Quartararo, juga sepertinya tidak terlalu membutuhkan data dari pemakai YZR-M1 lain sebab mereka tak pernah menembus enam besar sepanjang MotoGP 2022 bergulir. 

Seki yakin pemuda asal Prancis itu mampu mengeluarkan potensi terbaik motor, seperti yang telah diperlihatkan oleh Quartararo dalam dua musim terakhir.

“Kombinasi motor dan pebalap kami kompetitif. Awal musim kami agak bermasalah, namun kemudian kami memahami motor dan saya pikir bisa bersaing setelahnya. Kami masih kehilangan sesuatu, tetapi secara keseluruhan saya senang,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: yamaha, RNF Racing, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-percaya-bisa-berjaya-di-motogp-meski-tanpa-tim-satelit
973  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini