Yamaha Jamin Bakal Pertahankan Maverick Vinales

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 09 Des 2019, 21:50 WIB
Yamaha Jamin Bakal Pertahankan Maverick Vinales

Maverick Vinales

Berita MotoGP: Bos Tim Monster Energy Yamaha, Lin Jarvis, sangat puas melihat peningkatan performa Maverick Vinales di MotoGP musim ini. Hal itulah yang membuatnya ingin mempertahankan Vinales di skuatnya hingga beberapa musim ke depan.

Maverick Vinales pertama kali bergabung bersama Yamaha pada musim 2017. Namun hingga berakhirnya musim ini, rider asal Spanyol itu masih belum bisa bertarung memperebutkan gelar juara lantaran selalu terhambat. masalah teknis yang mendera YZR-M1, seperti elektronik, akselerasi, dan grip. Akan tetapi, sejak bersama Yamaha, ia sudah meraih enam kemenangan, sementara Valentino Rossi hanya meraih satu.

Musim ini, rider berjuluk The Top Gun juga kembali membuktikan bahwa ia punya potensi bertarung di papan atas meski Yamaha tak punya motor paling superior di MotoGP. Ia menjadi rider Yamaha terbaik, duduk di peringkat ketiga pada klasemen, meraih tujuh podium, dan total dua kemenangan.

"Maverick memulai musim tidak dengan cara terbaik. Ia kesulitan pada 5-6 seri pertama, dan kala itu Vale tampil lebih baik darinya. Vale beberapa kali finis kedua dengan kuat awal tahun ini, nyaris memenangi Austin contohnya, sementara Maverick masih agak 'tersesat',"  ujar Jarvis.

Selain merombak struktur organisasi di departemen balap, Yamaha juga menuruti permintaan Vinales untuk merekrut Esteban Garcia, seorang kepala kru yang membantunya menjuarai Moto3 2013. Perlahan tapi pasti, mereka semakin kompetitif, dan Jarvis merasa puas.

"Kami melihat manfaat perubahan yang kami lakukan dalam tim untuknya. Secara bertahap kru mereka bekerja dengan baik dan menemukan kecocokan, lalu Maverick ambil keputusan sendiri soal setup motor. Kami sangat senang ia mengalami peningkatan performa," ujarnya.

Jarvis pun mengakui bahwa Vinales merupakan aset berharga bagi Yamaha, dan ingin rider berusia 24 tahun itu tetap membela Yamaha pada 2021. Ini adalah langkah krusial, karena banyak rumor yang menyebut bahwa Vinales kini tengah didekati oleh Ducati.

"Saya rasa ia jelas kembali menemukan 'tempatnya' di tim pabrikan, menunjukkan potensinya. Ia satu-satunya rider Yamaha yang mampu meraih dua kemenangan tahun ini, dan saya jelas bakal senang jika ia mau bertahan dengan kami pada 2021 dan selanjutnya," pungkasnya.

Artikel Tag: Maverick Vinales, MotoGP 2021, yamaha

4944  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini