Yamaha Ingin Perpanjang Kontrak Fabio Quartararo Sebelum MotoGP 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 28 Nov 2021, 20:26 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Yamaha berniat memperpanjang kontrak Fabio Quartararo sebelum MotoGP 2022 dimulai karena rider asal Prancis itu kabarnya sudah diincar oleh dua tim.

Fabio Quartararo membuktikan bahwa meski tak bersinar pada kategori Moto3 dan Moto2, bukan berarti ia bermasa depan suram saat naik ke MotoGP. Kemampuannya diendus oleh bos Petronas SRT, Razlan Razali.

Meski Quartararo hanya menempati peringkat ke-10 Moto2 2018, Razali tak ragu mempromosikannya ke kelas utama. Lagipula, tim asal Malaysia itu tak punya pilihan lain kecuali merekrut para rookie karena gajinya lebih murah. Oleh sebab itulah mereka mendatangkan Quartararo dan Franco Morbidelli.

Di luar dugaan, pertaruhan Petronas Yamaha SRT berbuah manis. Rider berusia 22 tahun itu hanya butuh dua putaran untuk mempersembahkan poin pertama bagi tim satelit Yamaha itu, empat balapan merebut pole position dan tujuh perlombaan untuk naik podium.

Pada musim debutnya di MotoGP, ia langsung bertengger di peringkat kelima dengan mengoleksi 192 poin. Di musim 2020, Quartararo langsung membuat gebrakan dengan merebut dua kemenangan di balapan awal. Setelah itu, ia kesulitan mengendalikan motor M1 sehingga turun ke posisi kedelapan.

Kekecewaan tersebut ia jadikan motivasi di MotoGP 2021. Bermodal motor YZR-M1 yang kalah cepat dari motor Ducati Desmosedici, Fabio Quartararo sukses menggondol mahkota juara.

Ia membukukan total 278 poin setelah mencetak 5 kemenangan, 2 runner-up dan 3 podium ketiga. Rider asal Prancis itu memimpin 26 poin dari rival terdekatnya di klasemen, Francesco Bagnaia.

Dengan sederet prestasinya tersebut, tak heran kalau ada tim lain yang berminat menggunakan jasanya. Yamaha tentunya tak ingin kehilangan aset yang menghentikan paceklik juara mereka selama enam tahun.

Pabrikan asal Jepang itu juga ingin para pebalapnya fokus mencatatkan prestasi ketika merasa kontraknya sudah aman. Strategi tersebut diterapkan pada Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Quartararo.

Setiap kali merekrut pebalap, mereka bakal menawarkan kontrak minimal dua tahun. Hal ini dikonfirmasi oleh langsung oleh Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha.

“Kami pasti akan bicara dengannya. Kami melakukan itu berkali-kali. Kami ingin sukses bersama tahun depan,” tuturnya dilansir Marca.

“Kami mau membahas banyak hal. Tentu saja, kami ingin Fabio dalam tim pabrikan di masa depan, jadi kami perlu bernegosiasi dengannya dan perwakilannya tentang kemungkinan perpanjangan kontrak,” lanjut Jarvis.

“Komitmen sekarang selesai akhir musim 2022. Bagi saya, selalu lebih baik jika Anda dapat menghindari negosiasi rumit saat musim masih berjalan. Jadi dari sisi Yamaha, kami tak ragu jika kami dapat melanjutkan hubungan,” ia menegaskan.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-ingin-perpanjang-kontrak-fabio-quartararo-sebelum-motogp-2022
514  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini