Yamaha Akui Ingin Cari Pengganti Rossi Sejak 2005 Silam

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 05 Agu 2020, 21:50 WIB
Yamaha Akui Ingin Cari Pengganti Rossi Sejak 2005 Silam

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat masih membela tim Yamaha.

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Lin Jarvis, secara terang-terangan membeberkan bahwa timnya telah mencari pengganti Valentino Rossi sejak musim 2005.

Sejak kepindahannya dari Honda pada 2004 silam, Valentino Rossi memang menjelma jadi bagian yang tak terpisahkan dari tim pabrikan Yamaha. Selama kurang lebih 15 musim membalap untuk Yamaha, Rossi sukses mengemas empat dari total tujuh gelar juara dunia di kelas MotoGP.

Pun demikian, perjalanan panjang Rossi bersama tim pabrikan Yamaha harus terhenti setelah kontraknya yang akan habis pada akhir musim ini tidak lagi. Mulai musim depan, posisi dari rider berjulukan The Doctor itu akan digantikan oleh Quartararo yang musim ini telah membukukan dua kemenangan bersama Petronas Yamaha SRT.

Jauh sebelum ini, Valentino Rossi juga pernah santer diberitakan akan hengkan dari tim berlogo garpu tala itu lantaran beberapa hal yang menyangkut soal keinginannya.

Momen itu terjadi pada 2005 saat pembalap asal Italia itu melakoni beberapa kali uji coba bersama tim Scuderia Ferrari dan puncaknya dia dijanjikan tampil pada F1 musim 2007.

Tak ayal, pendekatan yang dilakukan oleh tim kuda jingkrak kepada Rossi membuat Yamaha harus mengambil langkah cepat untuk mencari pengganti yang sepadan. Skuad Iwata membidik Jorge Lorenzo sejak 2006 yang kala itu sedang berjuang meraih gelar juara di kelas 250cc, dan akhirnya kesepakatan terjalin antara dia dan Yamaha pada 2008.

"Sejak 2005 kami sudah mencari pengganti untuk Valentino Rossi, kala itu dia baru merampungkan musim kedua bersama kami," tutur Jarvis, dilansir dari Tuttomotoriweb.

"Dia mempunyai peluang yang besar untuk meninggalkan kami untuk hijrah dan berkompetisi pada ajang balap Formula 1, saat itu pula kami melakukan pendekatan dengan Jorge Lorenzo," ucapnya.

Pada musim yang sama pula, Rossi akhirnya lebih memilih tetap tinggal di Yamaha guna berkompetisi pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Jorge Lorenzo bergabung dengan kami dan memenangkan tiga gelar juara dunia, itu merupakan momen pertama kali kami harus memikirkan pengganti yang tepat untuk Valentino Rossi," ujar Jarvis.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

1517  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini