Yamaha Akan Tentukan Kelanjutan Kerja Sama dengan RNF Racing Sebelum Juli

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 26 Mei 2022, 05:15 WIB
RNF Racing, Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Lin Jarvis, mengungkapkan bahwa pihaknya akan menentukan soal kelanjutan kerjasama dengan RNF Racing paling lambat akhir Juni mendatang.

Petronas Yamaha SRT diketahui menuai hasil sensasional pada MotoGP 2019 dan 2020 lalu saat diperkuat oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Dengan statusnya sebagai debutan MotoGP pada saat itu, Quartararo langsung menyabet tujuh finis podium pada musim 2019 (5 kali finis P2 dan 2 kali P3) untuk mengamankan peringkat keenam klasemen akhir pebalap.

Pada musim 2020, Quartararo dan Morbidelli masing-masing berhasil membukukan tiga kemenangan. Morbidelli menutup musim sebagai runner-up, sementara Quartararo berada di peringkat kedelapan.

Mulai kejuaraan MotoGP 2021, Fabio Quartararo dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha. Pebalap asal Prancis itu pun sukses menyabet titel juara dunia.

Namun hal sebaliknya dialami oleh tim satelit Yamaha. Pada Agustus 2021, Petronas selaku sponsor utama tim asal Malaysia itu memutuskan mundur di penghujung tahun.

Ironisnya, beberapa bulan sebelumnya, tepatnya menjelang pertengahan Februari 2021, sang prinsipal tim, Razlan Razali, melalui Asosiasi Tim-tim Balap Internasional (IRTA) sudah sepakat dengan promotor MotoGP, Dorna Sports, untuk bertahan di kejuaraan kelas utama hingga lima tahun ke depan (sampai 2026).

Mundurnya Petronas pun membuat Razali terpaksa membekukan timnya di Moto2 dan Moto3. Kendati begitu, ia berhasil mencapai kesepakatan dengan sponsor utama baru, WithU, perusahaan energi asal Italia. Nama tim yang dipimpinnya lalu diubah menjadi RNF Racing.

Kemelut yang terjadi di tim satelit membuat Yamaha tak berani memberikan kontrak lebih dari setahun. Itulah mengapa Razali mengaku sempat melakukan negosiasi dengan Aprilia terkait kemungkinan menjadi tim satelit pabrikan asal Noale tersebut pada musim depan.

Walaupun begitu, melihat sejarah apik keduanya, Yamaha menegaskan ingin mempertahankan kerja sama mereka dengan RNF Racing. Pembicaraan antara kedua belah pihak rencananya dilangsungkan di sela-sela MotoGP Italia akhir pekan ini.

“Batas akhir (tenggat) untuk kontrak baru dengan RNF adalah akhir Juni,” ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, seperti dilansir dari Speedweek.com.

“Pasalnya, pada Juli kami sudah harus memesan komponen-komponen untuk motor musim 2023 nanti. Jadi, saat itu kami sudah harus tahu apa yang diperlukan untuk spesifikasi motor kami. Termasuk kepastian apakah kami akan memberikan motor ke tim satelit atau tidak,” tegasnya.

Artikel Tag: yamaha, RNF Racing, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-akan-tentukan-kelanjutan-kerja-sama-dengan-rnf-racing-sebelum-juli
783  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini