Yamaha Agendakan Tes dengan Lorenzo Usai Disemprot Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 14 Sep 2020, 00:00 WIB
Yamaha, Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo, test rider Yamaha 2020.

Berita MotoGP: Yamaha akhirnya akan menjadwalkan tes dengan pebalap penguji mereka, Jorge Lorenzo, yang sempat menganggur cukup lama karena kacaunya jadwal akibat pandemi Virus Corona (COVID-19).

Jorge Lorenzo secara mengejutkan menjadi test rider Yamaha usai memutuskan pensiun pada akhir MotoGP 2019 lalu. Akan tetapi, terpantau hingga saat ini Lorenzo bisa dibilang hanya menerima gaji buta, lantaran menganggur dalam waktu yang cukup lama.

Pandemi Covid-19 membuat rencana tim dengan Lorenzo berantakan. Lorenzo batal turun dalam seri balap MotoGP Catalunya lantaran jatah wild card bagi seluruh pabrikan dihapuskan pada musim ini.

Agenda tes juga ikut terkendala karena pembatasan perjalanan akibat pandemi. Apalagi, mayoritas anggota tim pengujian juga berasal dari Jepang. Lorenzo juga batal melakoni tes di Sirkuit Motegi pada April lalu. Skuat asal Iwata ini juga tidak turun saat pabrikan lain menjajal aspal baru Sirkuit Misano pada bulan Juni.

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo sampai bingung saat menjawab pertanyaan kenapa skuatnya tidak turun dalam tes privat di Misano.

Menanggapi situasi ini, Rossi bahkan tak ragu-ragu menyemprot Yamaha dan juga mantan rekan setimnya tersebut lantaran tak memberikan dampak apapun terhadap pengembangan motor YZR-M1.

Rossi bahkan membandingkan Lorenzo dengan Dani Pedrosa yang mampu membawa tim KTM menjelma menjadi tim kuat berkat peningkatan RC-16 yang sangat signifikan.

"Saya mempunyai pertanyaan yang sama persis kepada Yamaha," ungkap Valentino Rossi dalam konferensi pers (10/9), dikutip dari Crash.

"Saya sangat senang ketika saya tahu Jorge adalah pembalap penguji kami. Dia adalah salah satu pembalap terbaik dalam sejarah M1. Saya pikir dia bisa banyak membantu kami seperti yang diperlihatkan Dani Pedrosa dengan KTM dalam satu tahun terakhir."

"Yamaha harus percaya dengan program ini tetapi sejujurnya saya tidak tahu. Beberapa hal yang terjadi di tim kami sulit dijelaskan, Anda harus bertanya kepada mereka."

Skuat asal Iwata ini pun nampaknya mengambil langkah cepat dengan menjadwalkan tes. Dilaporkan oleh The Race, skuat Iwata ini akan melakukan tes pada 7-8 Oktober untuk menjajal ban Michelin di sirkuit anyar, Algarve.

Artikel Tag: yamaha, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

5325  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini