Valentino Rossi : Kebiasaan Yamaha Tendang Pebalap Terlalu Dini

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 10 Feb 2021, 16:15 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi menyoroti kebiasaan tim Yamaha yang selalu terburu-buru dalam menentukan skuat tim mereka pada MotoGP.

Valentino Rossi sendiri menjadi korban dari keputusan yang diambil Yamaha. Posisi Rossi di tim pabrikan Yamaha telah resmi digantikan oleh Fabio Quartarao bahkan sebelum kompetisi MotoGP 2020 dimulai.

Keputusan Yamaha kala itu memang terbilang cukup realistis jika dilihat dari perbandingan performa antara Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Valentino Rossi.

Rider berjuluk The Doctor ini menjadi rider yang tampil paling buruk di antara ketiganya, ia hanya bisa mengakhiri musim di peringkat ke-15 sekaligus menjadi catatan terburuk di antara ketiga rider tersebut.

Di sisi lain, Quartararo dan Vinales menunjukkan performa apik. Pada rentang waktu yang sama Vinales mampu empat kali naik ke atas podium dengan catatan satu kemenangan pada balapan MotoGP Malaysia. Sementara, Quartararo tampil memikat dengan lima hasil podium kendati masih berstatus pebalap debutan.

Fakta bahwa Vinales dan Quartararo masuk dalam radar pabrikan lain membuat keputusan Yamaha yang terburu-buru itu semakin dimaklumi. Masa depan Yamaha pun awalnya terlihat cerah ketika Vinales dan Quartararo mendominasi dua seri pertama pada MotoGP 2020.

Kendati demikian, penilaian berubah ketika performa Vinales dan Quartararo malah jeblok ketika mengalami kesulitan. Dalam empat seri berikutnya misal, Vinales dan Quartararo selalu finis di belakang Rossi.

Selain itu dengan pertimbangan usia Rossi yang musim ini akan memasuki 42 tahun, Yamaha pun dinilai semakin mantap untuk merekrut Quartararo sebagai suksesor Rossi.

Kendati demikian, pandangan berbeda pun diungkapkan oleh Rossi. Ia menyoroti Yamaha yang selalu membuat keputusan terlalu dini.

"Mereka memilih pembalap musim 2021 sebelum musim 2020 dimulai dan menurut saya itu adalah sebuah kesalahan," ujar Rossi sebagaimana dilansir dari Corriere della Sera.

"Salah satu hal buruk di MotoGP adalah kita harus menunggu setidaknya beberapa balapan pertama [sebelum membuat keputusan]. Quartararo masih seorang pembalap yang menjanjikan dan Vinales, meski dengan performa yang pasang surut, dia sangat kuat," kata Rossi.

"Mereka akan tampil baik, saya yakin," pungkasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi

8816  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini