Valentino Rossi Belum Temukan Gaya Balap yang Sesuai di Catalunya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 05 Jun 2021, 13:45 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi, pebalap Petronas Yamaha SRT, mengaku masih belum menemukan gaya balap yang sesuai saat mengaspal di FP hari pertama MotoGP Catalunya.

Valentino Rossi belum menunjukkan performa positif pada pada hari pertama MotoGP Catalunya yang digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Jumat (4/6/2021). Dalam dua sesi latihan bebas tersebut, ia masih kesulitan menemukan kecepatan terbaiknya.

Pada FP1, Rossi hanya mampu finis ke-15 dengan torehan waktu terbaik 1 menit 41,267 detik. Pebalap berjuluk The Doctor itu justru makin terpuruk pada sesi latihan bebas kedua. Ia mengakhiri sesi tersebut di posisi ke-19 dengan waktu lap 1 menit 40,836 detik, lebih lambat 1,5 detik dari catatan terbaik pada FP1.

Valentino Rossi pun mengungkapkan bahwa penampilannya pada hari pertama MotoGP Catalunya memang berjalan kurang baik.

"Ini tidak fantastis tapi juga tidak terlalu buruk," kata Rossi dilansir dari Yamaha-Racing.

Pebalap berusia 42 tahun tersebut mengaku sudah melakukan upaya untuk mendongkrak kecepatannya agar tampil lebih memuaskan. Alih-alih membuahkan hasil, Rossi malah merasa tidak nyaman ketika menggeber motor YZR-M1, terutama pada sesi FP2.

"Siang ini kami mencoba memodifikasi pengaturan pada motor untuk meningkatkan pengereman dan corner entry. Tetapi itu tidak berhasil dan saya juga merasa tidak nyaman," ia menambahkan.

Rossi sendiri merasa kesulitan menggunakan gaya balapnya setelah sedikit memodifikasi setelan motornya.

"Saya tidak dapat membalap seperti yang saya inginkan dan saya tidak memiliki sensasi yang baik dengannya. Karena pada pagi hari [FP1] baik-baik saja, kami akan mencoba kembali ke sana besok dan kami akan melihat apa yang terjadi," tutur Rossi.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyoroti perubahan yang terjadi di Tikungan 10 Sirkuit Catalunya. Modifikasi tersebut membuat Tikungan 10 lebih berkarakter cepat seperti yang dipakai MotoGP pada masa lalu.

Seperti diketahui, dalam beberapa musim terakhir MotoGP dan Formula 1 berbagi layout Tikungan 10 yang berbentuk V.

"Tikungan 10 adalah tikungan yang sangat rumit dan teknis. Sulit untuk menemukan jalur yang tepat, tetapi tikungan itu sangat indah dan sedikit lebih cepat sekarang. Saya benar-benar menyukainya," tuturnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Petronas Yamaha SRT, MotoGP 2021, motogp catalunya

809  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini