Valentino Rossi Beberkan Masalah Yamaha Terjadi Sejak 2017 Silam

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 26 Des 2020, 23:40 WIB
Valentino Rossi, Maverick Vinales

Valentino Rossi dan Maverick Vinales

Berita MotoGP: Valentino Rossi menilai bahwa kendala yang dialami oleh tim Yamaha sebenarnya telah terjadi sejak MotoGP musim 2017 silam.

Musim ini menjadi musim yang campur aduk bagi tim Yamaha. Sempat berada di puncak klasemen pada awal MotoGP 2020, Yamaha justru perlahan kian terpuruk sejak pertengahan musim.

Yamaha melalui dua rider yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales masih tak bisa konsisten bersaing di baris depan. Masalah top speed hingga grip ban belakang terus dikeluhkan oleh duet Yamaha tersebut.

Rossi tidak menampik bahwa pembenahan harus dilakukan demi meraih hasil bagus pada musim depan.

"Kami benar-benar mengalami kendala dengan grip ban belakang, jika kami tak memperbaikinya akan sulit bagi kami untuk tampil kompetitif," tutur Rossi dilansir dari laman Speedweek.

"Selain itu, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki top speed, tidak hanya untuk mesinnya saja tapi juga dengan aerodinamika," tandasnya.

Kendala yang belum terpecahkan tersebut, membuat Rossi dan Vinales kompak menyebut masalah Yamaha sudah dimulai sejak lama. Vinales sebelumnya mengatakan bahwa Yamaha sudah salah jalan dengan pengembangan motor sejak musim 2017.

Rossi setuju dengan pandangan Vinales walau di sisi lain dia enggan melimpahkan seluruh kesalahan kepada Yamaha.

"2016 hingga 2017, itu tahun yang krusial bagi Yamaha dan motor M1, karena menurut saya saat itulah kesulitan kami dimulai. Hingga musim 2016, motor ini sangat kompetitif, bisa memenangi balapan dan gelar juara dunia, sejak saat itu kami mengalami kesulitan lebih besar," tandasnya.

Rider berusia 41 tahun itu menilai kesulitan yang dialami Yamaha bisa jadi dikarenakan pabrikan lain lebih sukses dalam mengembangkan motor mereka.

"Sejujurnya, saya tidak mengerti seberapa besar porsi kesalahan Yamaha dengan kemajuan pesat pabrikan lain. Untuk menjadi kompetitif, kami juga harus membuat kemajuan, sama seperti apa yang pabrikan lain lakukan," pungkasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, yamaha, Maverick Vinales

827  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini