Usai Tes di Qatar, Rossi Masih Khawatirkan Ritme Balap Yamaha M1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 26 Feb 2020, 15:20 WIB
Usai Tes di Qatar, Rossi Masih Khawatirkan Ritme Balap Yamaha M1

Valentino Rossi, Yamaha YZR-M1.

Berita MotoGP: Meskipun merasa cukup puas dengan motor baru Yamaha, namun Valentino Rossi masih khawatir soal ritme balap motor YZR-M1 tersebut.

Setelah melakukan pengetesan pada motor barunya selama tiga hari tes pramusim MotoGP Qatar, Valentino Rossi pun memberikan komentarnya mengenai motor garapan Yamaha tersebut. The Doctor mengaku masih merasakan kurangnya grip ban belakang pada M1, sama seperti yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Padahal, ban baru Michelin telah didesain dengan ketahanan dan grip yang awet, dan diyakini menguntungkan Yamaha dan Suzuki.

Kendati demikian, usai menjalani uji coba, Rossi mengaku bahwa dirinya masih merasakan masalah yang sama seperti tahun lalu. Ia merasa khawatir soal ritme balap (race pace) motor tersebut.

"Saya tampil kuat dengan ban pertama, namun saya jatuh dengan ban kedua (saat melakukan time attack). Jadi saya hanya duduk di posisi 12, namun kami lebih khawatir soal ritme balap, karena kami kesulitan dengan ban seperti paruh kedua musim lalu, terutama dengan ban belakang," ujar Rossi kepada Motorsport.com.

Rossi bahkan telah menjalani empat simulasi balap sepanjang uji coba di Qatar demi mencari penyebab mengapa ban belakangnya aus lebih cepat.

"Kami telah coba menjalani run panjang kemarin dan pada hari pertama. Hari ini kami coba dua kali. Kami dapat data dan kami harus paham alasannya dan coba memperbaikinya sebelum balapan," imbuhnya.

"Secara umum, feeling saya tak terlalu buruk, karena kami memperbaiki setup hari ini, dan saya oke-oke saja. Pada beberapa lap pertama saya selalu cukup cepat, tapi degradasi ban belakang masih jadi masalah besar, dan sangat mirip dengan tahun lalu. Jadi, kami cemas.”

"Sangat mirip. Tapi juga sulit dipahami, karena di Malaysia, kami sangat baik. Selain itu, ritme dengan ban lama tak terlalu buruk, tapi di sini lebih sulit," tuturnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

1235  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini