Ternyata Ini Alasan Suzuki Tak Perpanjang Kontrak Iannone

Penulis: Datuk Nofri
Kamis 08 Nov 2018, 09:45 WIB
Ternyata Ini Alasan Suzuki Tak Perpanjang Kontrak Iannone

Pertanyaan Andrea Iannone di Phillip Island mengenai alasan Suzuki Ecstar tak memperpanjang kontraknya direspon oleh Davide Brivio (Image: Suzuki MotoGP)

Berita MotoGP: manajer Suzuki Ecstar MotoGP, Davide Brivio, menyatakan alasan mengapa timnya tidak memperpanjang kontrak Andrea Iannone.

Usai meraih podium 2 pada seri ke-17 yang berlangsung di Australia , Iannone mengungkapkan kebingungannya karena ia tidak tahu alasan mengapa Suzuki melepasnya musim depan.

Padahal menurut pebalap berjuluk ‘the Maniac’ ini, musim ini ia tampil sangat bagus dan telah mempersembahkan 4 posisi podium selain mengklaim telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan motor produk tim Hamamatsu itu.

Suzuki sendiri telah mengonfirmasi bahwa posisi Iannone akan digantikan oleh pebalap muda asal Spanyol Joan Rim musim depan yang diumumkan sekitar Juni lalu.

Sedangkan Iannone kemudian mengumumkan akan berlabuh ke tim pabrikan Aprilia untuk menggantikan Scott Redding.

Brivio menyebutkan bila alasan bisnis menjadi pertimbangan utama mengapa mereka tidak memperpanjang kontrak Iannone menanggapi kebingungan Iannone di Australia tempo hari.

Brivio juga mengklaim bila dirinya sebenarnya juga telah menjelaskan kepada mantan pebalap Ducati itu perihal mengapa Suzuki lebih memilih Mir yang musim ini masih membalap di kelas Moto2 ini.

"Ketika kami memutuskan untuk mengakhiri kerja sama kami dengan Iannone, kami telah mengatakan kepadanya alasan yang mendasari keputusan kami. Ini karena alasan strategi bisnis. Keputusan memilih pebalap lebih ditekankan kepada strategi bisnis ketimbang hasil,” terang Brivio.

“Penting juga untuk melihat parameter lainnya seperti masalah imej. Kami juga sudah menjelaskan kepada Iannone soal ini,” pungkas Brivio.

Berbeda dengan Iannone, rekan setimnya musim ini Alex Rins telah memperpanjang kontrak dengan Suzuki untuk dua musim berikutnya.

Sejauh ini, baik Iannone maupun Rins telah sama-sama mengemas 4 podium bagi tim Suzuki dan prestasi ini jauh lebih bagus daripada musim lalu ketika kedua pebalap tak sekalipun berhasil naik podium.

Artikel Tag: Andrea Iannone, Suzuki Ecstar, Davide Brivio, Alex Rins, Joan Rins

12842