banner babe

Target di MotoGP 2020, Quartararo Tak Ingin Hanya Jadi 'Saturday Rider'

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 01 Des 2019, 22:35 WIB
Target di MotoGP 2020, Quartararo Tak Ingin Hanya Jadi 'Saturday Rider'

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Fabio Quartararo enggan hanya menjadi seorang ‘saturday rider’ yang hanya bisa tampil apik saat sesi kualifikasi. Ia pun bertekad untuk bisa tampil lebih kuat saat balapan di MotoGP 2020.

Dalam ajang balap MotoGP ada satu julukan Sunday Rider (pebalap hari Minggu) ketika legenda balap Wayne Rainey pada 2017 mendeskripsikan penampilan penerusnya di Yamaha, Valentino Rossi.

Valentino Rossi mendapat predikat demikian karena dinilai cuma tampil "serius" ketika sesi balapan MotoGP yang biasanya digelar pada hari Minggu. Rossi sering menuai hasil kurang memuaskan dalam sesi latihan, terkadang sampai kualifikasi, namun bisa tampil sangat ganas ketika balapan berlangsung.

Sementara itu, beda cerita dengan performa pebalap tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Rider asal Prancis itu menjadi langganan posisi atas saat adu waktu lap cepat di sesi latihan dan kualifikasi. Status polesitter termuda pun sukses direbutnya musim ini.

Ia bahkan 13 kali berada di posisi tiga besar dalam sesi pamungkas hari Sabtu. Namun saat balapan, rider yang akrab dijuluki El Diablo itu tak bisa menyempurnakannya dengan kemenangan.

Bahkan, dua kali Quartararo gagal naik ke podium teratas setelah kalah duel pada lap terakhir, yaitu dari Marc Marquez pada GP San Marino dan Marc Marquez (lagi) pada GP Thailand.

Sesi balapan memang memberikan tantangan lebih besar daripada latihan atau kualifikasi. Pebalap tak hanya dituntut cepat melainkan juga cermat. Quartararo pun menyadari hal itu. Untungnya, dia telah mempelajari banyak amunisi yang diperlukan untuk membuang status sebagai “Saturday Rider”.

"Saya belajar banyak soal bagaimana menghemat ban, mengendarai motor dengan tangki penuh atau kosong, menggunakan mapping," kata Quartararo.

"Mengagumkan bisa mengendarai motor semacam ini, tetapi tidak mudah untuk menjelaskan semuanya tentu saja. Tahun depan saya ingin tampil lebih baik dalam balapan, karena kami tahu bahwa kami sangat cepat ketika kualifikasi," tutupnya.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, motogp 2020, Petronas Yamaha SRT

3411  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini