Tanpa Marc Marquez, Honda Justru Bangkit dan Alami Kemajuan Pesat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 26 Okt 2020, 23:20 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Meskipun tanpa keterlibatan Marc Marquez, Honda dinilai telah mengalami progres mengesankan dalam pengembangan motor RC213V hingga berhasil dari keterpurukan di musim ini.

Honda mengalami momen yang cukup sulit setelah kehilangan Marc Marquez dalam waktu yang cukup panjang karena mengalami cedera patah lengan kanan kala melakoni balapan perdana musim ini di MotoGP Spanyol, bulan Juli lalu.

Absennya Marquez seolah menjadikan Honda yang notabene merupakan tim elite MotoGP menjadi tim medioker. Tim ini hanya bisa mengandalkan duet rookie Alex Marquez dan test rider Stefan Bradl.

Setelah delapan balapan berselang, Honda akhirnya mampu bangkit pada seri MotoGP Prancis kala Alex Marquez memberikan harapan baru dengan meraih podium kedua.

Raihan apiknya kembali berlanjut di MotoGP Aragon dengan menyabet podium kedua lagi.

Honda juga mendapat bantuan dari tim satelit LCR Honda berkat performa bagus dari Takaaki Nakagami. Nakagami bahkan dijagokan untuk memenangi balapan MotoGP Teruel usai meraih pole position. Sayangnya, rider asal Jepang tersebut gagal tampil apik usai terjatuh di awal balapan.

Paolo Ciabatti selaku direktur olahraga Ducati Corse tidak menampik bahwa Honda sudah membuat kemajuan dalam pengembangan RC213V. Ciabatti menyebut kemajuan itu terlihat dari RC213V yang semakin mudah dijinakkan semua rider Honda.

Sebagaimana diketahui, motor RC213V memang dikenal hanya bisa dijinakkan oleh Marc.

"Sadar akan situasi sekarang, Honda telah membawa material baru sehingga RC213V bisa dikendarai oleh semua orang, bukan hanya Marc Marquez," tutur Ciabatti sebagaimana dilansir dari GPOne.

Sejak Marc Marquez absen, para rider Honda mempunyai peran yang sama dalam memberikan umpan balik kepada para mekanik untuk meningkatkan kinerja motornya.

"Absennya Marc mendorong Honda untuk mengembangkan proyek mereka, karena selama dia ada di sana mereka tidak terlalu khawatir," tukasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez

1134  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini