Tampil Terpuruk Musim Ini, Honda Bakal Dapat Hak Konsensi?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 02 Sep 2020, 14:10 WIB
Tampil Terpuruk Musim Ini, Honda Bakal Dapat Hak Konsensi?

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Meskipun musim ini Honda tampil cukup buruk, namun Honda Racing Corporation tak akan mendapatkan hak konsensi dari MotoGP pada musim depan.

Selama lima balapan yang telah berlangsung di MotoGP 2020 hingga seri terakhir di MotoGP Styria, tak ada satu pun dari rider Honda yang bisa finis di posisi podium.

Penampilan buruk Honda Racing Corporation tak lepas dari absennya sang juara dunia, Marc Marquez akibat mengalami patah tulang humerus di lengan kanan atasnya pada seri perdana sehingga harus absen hingga seri kelima.

Rider asal Spanyol itu bahkan terancam absen lebih lama lagi karena masih menjalani pemulihan. Posisinya selama ini pun diisi oleh Stefan Bradl. Sayangnya, penampilan rider asal Jerman itu juga jauh dari harapan. Repsol Honda sendiri juga enggan membebaninya dengan target muluk-muluk.

Hingga sekarang, pencapaian terbaik pembalap HRC ditorehkan oleh Takaaki Nakagami dengan finis keempat di seri kedua, MotoGP Andalusia. Rider Tim LCR Honda itu sukses dua kali menembus 10 besar, sementara rekan-rekannya harus berjuang keras di papan tengah.

Honda pun jadi satu dari dua pabrikan yang belum pernah mengantar pembalapnya naik podium selain Aprilia Gresini. Skuat berlogo Sayap Tunggal ini pun tercecer di peringkat lima dari enam konstruktor dengan mengoleksi 46 poin. Hal ini tentu jadi tamparan keras bagi Honda yang selalu menjadi juara bertahan selama beberapa musim terakhir.

Andai tren buruk ini berlanjut, maka Honda pun berpotensi mendapatkan hak konsensi.

Sebagaimana diketahui, hak konsesi diberikan kepada pabrikan sejak 2014 lalu. Tim atau pabrikan yang gagal mengumpulkan enam poin konsesi memiliki sejumlah hak di antaranya, pengembangan mesin sepanjang musim, jatah unit mesin yang lebih banyak, serta kebebasan menggelar tes tertutup. Keistimewaan itu kini hanya dirasakan oleh Aprilia Gresini dan KTM, namun KTM kini telah dicabut haknya musim depan usai dua kemenangan.

MotoGP memberikan maksimal enam poin konsesi kepada setiap tim. Tiga untuk kemenangan, dua untuk peringkat dua, dan satu untuk posisi ketiga saat lomba.

Keuntungan berupa konsesi dihapuskan jika sebuah tim mengumpulkan enam angka sepanjang musim berjalan.

Penampilan buruk Honda di MotoGP 2020 sejauh ini, belum membuahkan satu pun poin konsesi. Dengan demikian, muncul pertanyaan apakah Repsol Honda mendapat keistimewaan itu musim depan jika penampilan buruk berlanjut hingga akhir musim.

Akan tetapi, terjawab bahwa hak tersebut tidak akan didapatkan Repsol Honda. Kalender balap yang menciut dari 21 menjadi 14 seri adalah penyebabnya. FIM, Dorna Sports, dan IRTA, sepakat menghapus aturan konsesi jika sebuah tim tampil buruk musim ini. Namun, hak tersebut bisa hilang pada 2021 andai Aprilia Gresini mengumpulkan enam poin.

Artikel Tag: Honda, motogp 2020, Marc Marquez

7041  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini